Satu-Satunya Rumah bagi Milyaran Orang

Anda, dan semua orang, mempunyai sebuah tempat kediaman, satu-satunya, bumi ini, yang harus Anda wariskan kepada anak cucu Anda. Bukankah Anda perlu menjaganya supaya bersih dan tetap indah?

924 views   |   shares
  • Bila Anda mempunyai rumah, Anda tentu menjaganya supaya bersih dan tetap indah sehingga Anda dapat mewariskannya kepada anak cucu Anda di kemudian hari. Atau supaya harganya tidak jatuh jika Anda perlu menjualnya. Dan juga supaya Anda merasa nyaman tinggal di situ. Anda, dan semua orang, mempunyai sebuah tempat kediaman, satu-satunya, bumi ini, yang harus Anda wariskan kepada anak cucu Anda. Bukankah Anda perlu menjaganya supaya bersih dan tetap indah? Walau ada kemungkinan manusia tinggal di planet Mars, itu masih lama sekali dan keadaannya tidak Anda ketahui, sejauh ini, menurut penelitian, tampaknya tidak seindah bumi. Dengan cara apa sajakah Anda dapat melestarikan bumi?

  • Kebersihan lingkungan

  • Berpartisipasilah dalam hal ini. Jangan membuang sampah sembarangan. Anda akan mencari tempat sampah bila Anda ingin membuang sesuatu di rumah. Begitu pun bila Anda di luar rumah, janganlah menganggap jalanan sebagai tempat sampah. Selain dapat didenda, dengan membuang sampah sembarangan Anda akan menunjang terjadinya banjir. Sampah di jalanan akan menutupi jalan masuk air ke selokan, akibatnya banjir di mana-mana. Kumpulkan sampah Anda di sebuah kantong plastik untuk dibuang nanti.

  • Daur ulang

    • Botol air. Coba bayangkan jika Anda minum air botolan sehari lima kali. Berapa orang ada dalam keluarga Anda? Katakanlah empat orang, berarti sudah dua puluh botol sehari. Berapa botol dalam seminggu, sebulan, setahun? Dunia ini akan tertutup oleh botol-botol plastik bekas air minum, belum lagi bekas minuman lain. Cobalah membeli air dari botol galonan yang besar yang dapat Anda isi ulang. Bila Anda terpaksa membawa botol air minum kecil selagi bepergian, janganlah dibuang, isilah lagi sesudah pulang.

    • Kantong plastik. Bawalah keranjang belanja atau kantong plastik yang tahan lama dari rumah bila Anda pergi berbelanja ke pasar atau ke supermarket. Kantong plastik yang terlanjur Anda peroleh dari supermarket dapat Anda manfaatkan untuk kantong sampah. Tahukah Anda berapa lama kantong plastik bertahan sebelum hancur? Menurut sebuah situs pemerintah AS, 10 - 20 tahun. Botol plastik? 450 tahun. Botol gelas? Sejuta tahun!

    • Pakaian. Baju Anda yang sudah rusak atau robek dan Anda buang ke tempat sampah kemungkinan memakan waktu lama untuk hancur, kain nilon membutuhkan waktu 30 - 40 tahun, apalagi yang terbuat dari kulit. Konon dibutuhkan waktu 50 tahun sebelum barang yang terbuat dari kulit bisa hancur. Karena itu carilah jaket kulit yang berpotongan klasik supaya tidak ketinggalan zaman, peliharalah dengan baik supaya tahan lama. Anda dapat memakai lap kain yang dibasahi dengan campuran cuka dan minyak zaitun untuk membersihkan bagian luarnya sehingga tetap mengkilat dan bebas dari noda. Bila pakaian Anda masih agak bagus dan Anda sudah bosan, Anda dapat menjualnya ke tukang loak atau menyumbangkannya ke panti asuhan.

    • Sepatu. Yang ini lebih sulit lagi hancur karena sebagian besar terbuat dari kulit atau plastik. Sol karet pada sepatu boot membutuhkan waktu 50 - 80 tahun untuk hancur. Karena itu peliharalah sepatu Anda dengan baik supaya tahan lama. Bila sudah bosan dan masih dalam keadaan layak pakai sumbangkanlah kepada orang yang memerlukannya.

    • Perabot. Perabot rumah tangga seperti meja, kursi, sofa atau yang memakai tenaga listrik seperti oven, kulkas, mesin cuci, teve, dapat dipakai paling tidak sampai sepuluh tahun, kecuali Anda ingin menggantinya dengan model terbaru. Anda dapat menyumbangkan perabot bekas Anda kepada orang yang memerlukan atau panti asuhan bila keadaannya masih relatif bagus. Sofa yang agak sobek bisa diganti kain penutupnya, bahkan di toko mungkin dijual kain penutup sofa atau kursi yang tidak perlu dijahit, hanya diselubungkan.

    • Kendaraan. Mobil tua tentu masih laku dijual asalkan Anda pelihara baik-baik. Demikian pula sepeda jangan sampai menjadi barang rongsokan yang membuat Anda tidak betah melihatnya dan ingin membuangnya saja. Kuncinya dalam hal ini ialah pemeliharaan, dengan memelihara barang-barang kita supaya awet, tidak saja kita menghemat pengeluaran, kita juga mengurangi bertumpuknya sampah yang dapat memenuhi satu-satunya bumi kita ini.

  • Advertisement
Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Satu-Satunya Rumah bagi Milyaran Orang

Anda, dan semua orang, mempunyai sebuah tempat kediaman, satu-satunya, bumi ini, yang harus Anda wariskan kepada anak cucu Anda. Bukankah Anda perlu menjaganya supaya bersih dan tetap indah?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr