Kiat supaya Bahagia dan Tentram dalam Kehidupan

Oleh karena itu, jadilah pembawa damai di manapun Anda berada, hindarilah sebisa mungkin pertengkaran, ciptakanlah persahabatan dengan semua orang, jika setiap orang bisa melakukannya, ketentraman dalam kehidupan tidak mustahil untuk tercapai.

19,026 views   |   54 shares
  • Semua manusia yang berada di dunia pasti berharap kehidupannya dapat berjalan dengan bahagia dan tentram, namun pada kenyataannya tidak semua manusia mampu untuk mewujudkan harapan tersebut. Pilihan-pilihan serta langkah yang kita ambil dalam hidup ibarat sebuah permainan catur, jika kita salah dalam mengambil langkah di awal permainan, maka kelanjutan permainan tersebut dapat menyulitkan kita sendiri. Begitu pula dalam kehidupan ini, jika kita salah melangkah dan gegabah dalam mengambil keputusan hidup, maka dapat dipastikan kehidupan kita akan jauh dari rasa aman, nyaman dan tentram.

  • Ada tujuh hal supaya setiap dari kita bisa selalu merasa tentram dan bahagia menjalani kehidupan ini. Ketujuh hal tersebut hanya dapat berhasil jika setiap dari kita mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari secara serius dan tidak setengah-setengah, dan ketujuh hal tersebut adalah:

  • 1. Memiliki iman kepada Tuhan

  • Setiap makhluk hidup yang ada di dunia tidak tercipta dengan sendirinya, ada suatu kuasa yang menciptakan serta menopang kehidupannya, dan kuasa itu berasal dari sang Pencipta kita Tuhan semesta alam. Tuhan tidak menjanjikan kepada manusia bahwa perjalanan hidupannya di dunia akan mudah, akan ada banyak tantangan serta kesulitan yang harus dihadapi, namun Tuhan tidak akan tinggal diam menyaksikan makhluk ciptaan-Nya mengalami kesulitan, karena Dia tidak mencobai umat-Nya melebih kekuatan yang dapat dia tanggung, dan selalu ada saja jalan keluar jika kita tetap memiliki iman yang kuat kepada-Nya.

  • 2. Menjaga kesehatan

  • Sangat benar sekali bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat atau sekedar mengantar sanak saudara yang sedang sakit, cobalah mengamati keadaan sekitar Anda sejenak. Perhatikan wajah orang-orang yang ada di situ, setiap wajah mengharapkan kesembuhan, baik kesembuhan untuk dirinya sendiri maupun untuk saudara yang mereka kasihi. Oleh karena itu, agar bisa merasa tentram dan bahagia hidup di dunia setiap dari kita harus menjaga kesehatan kita. Jagalah tubuh kita agar senantiasa sehat sehingga kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan normal.

  • 3. Menghindari permusuhan

  • Lingkungan kita terdiri dari berbagai bangsa, suku, ras, atau paham dan dapat menjadi sumber utama perselisihan satu orang dengan yang lain. Oleh karena itu, jadilah pembawa damai di mana pun Anda berada, hindarilah sebisa mungkin pertengkaran, ciptakanlah persahabatan dengan semua orang, jika setiap orang bisa melakukannya, ketentraman dalam kehidupan tidak mustahil untuk tercapai.

  • Advertisement
  • 4. Menghindari hutang

  • Salah satu sumber dari ketidakbahagiaan adalah hutang. Hutang yang dilakukan dengan tujuan yang baik memang dapat berguna bagi seseorang, namun hutang yang dilakukan dengan tujuan yang salah justru akan membuat kehidupan seseorang penuh dengan tekanan dan ketakutan. Hindarilah hutang jika Anda benar-benar tidak membutuhkannya atau ketika Anda tidak memiliki cara bagaimana untuk membayar hutang Anda. Gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijaksana, karena itu bukan uang Anda, maka ketika Anda menggunakannya Anda wajib untuk membayarnya kembali, dan pastikan juga Anda membayar pinjaman kartu kredit tepat waktu untuk menghindari jerat hutang yang dapat membuat kehidupan Anda tidak bahagia.

  • 5. Pendidikan yang baik

  • Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin ketat, agar kita bisa bersaing dengan orang lain, maka kita harus memiliki pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik akan membuat posisi tawar kita dalam dunia kerja patut untuk diperhitungkan. Keadaan ekonomi sebisa mungkin jangan dijadikan alasan untuk tidak memiliki pendidikan yang baik. Ada banyak orang yang berasal dari keadaan ekonomi yang kurang beruntung, pada akhirnya melalui pendidikan yang baik dapat bangkit dari keterpurukan tersebut.

  • 6. Menabung

  • Selagi masih muda kita harus rajin untuk menabung, kebiasaan menabung telah terbukti ampuh dalam menghindarkan seseorang dari masalah keuangan kelak di kemudian hari. Oleh karena itu, jika ada dari kita saat ini belum terbiasa untuk menabung maka usahakanlah untuk memulainya sesegera mungkin, ketika Anda menabung Anda tidak sedang kehilangan uang Anda, melainkan Anda sedang menyelamatkan masa depan Anda.

  • 7. Asuransi

  • Saat ini kebutuhan akan asuransi tidak boleh dipandang sebelah mata, ada banyak bentuk asuransi yang bisa kita pilih disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika Anda peduli akan masa depan Anda, mulai saat ini Anda bisa menentukan asuransi apa yang akan Anda butuhkan, apakah itu asuransi kendaraan, asuransi keselamatan, asuransi hari tua, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan sebagainya.

  • Tentunya masih ada banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan oleh seseorang agar dapat senantiasa merasa tentram dan bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berhati-hati dan selalu waspada, bijaksana dalam mengambil setiap keputusan. Namun, yang paling penting adalah kita tidak boleh melupakan Tuhan dalam setiap detik kehidupan kita agar kehidupan kita boleh senantiasa dibimbing oleh-Nya.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Kiat supaya Bahagia dan Tentram dalam Kehidupan

Oleh karena itu, jadilah pembawa damai di manapun Anda berada, hindarilah sebisa mungkin pertengkaran, ciptakanlah persahabatan dengan semua orang, jika setiap orang bisa melakukannya, ketentraman dalam kehidupan tidak mustahil untuk tercapai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr