8 Tips Membangun Hubungan Dekat dengan Anak Anda

Bangunlah hubungan dekat sebaik mungkin, didiklah mereka sesuai dengan nilai-nilai luhur yang sepatutnya mereka terima dari orang tuanya.

7,384 views   |   5 shares
  • Anak-anak Anda setiap harinya akan terus bertumbuh, banyak cerita serta pengalaman mewarnai hari-hari mereka. Sebagai orang tua apakah Anda tidak ingin mengikuti perkembangan mereka? Jangan sampai menyesal di kemudian hari ketika mereka telah dewasa dan Anda baru menyadari telah menyia-nyiakan waktu paling berharga tersebut.

  • Sebagai orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sebaiknya tidak melupakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, meluangkan waktu setidaknya satu hari dalam seminggu khusus untuk membangun kedekatan satu sama lain adalah sangat penting. Anak-anak sangat memerlukan perhatian dari orang tuanya, dengan meluangkan waktu Anda untuk mereka Anda dapat membangun kedekatan dengan anak-anak Anda dan Anda dapat mencari tahu apa saja yang telah mereka alami dalam keseharian mereka.

  • Gunakan kreativitas Anda agar aktivitas bersama anak-anak Anda tidak membosankan. Berikut 8 tips yang dapat Anda gunakan agar hubungan Anda khususnya dengan anak-anak semakin dekat dan kuat:

  • 1. Mendongeng

  • Cara ini telah digunakan sejak lama oleh para orang tua zaman dahulu untuk membangun kedekatan dengan anak-anaknya, namun tetap berlaku hingga masa sekarang. Tujuan mendongeng tidak hanya untuk membangun kedekatan saja tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana mengajarkan nilai-nilai moral kepada mereka. Karena anak-anak sangat menyukai cerita dongeng ceritakanlah kisah-kisah kepahlawanan, kejujuran dan kebaikan hati supaya dapat menginspirasi anak Anda agar dapat melakukan hal yang serupa.

  • 2. Bermain bersama

  • Anak-anak sangat menghargai waktu yang orang tuanya luangkan bagi mereka, bermain bersama dengan mereka dapat Anda lakukan bersama di dalam rumah atau di luar ruangan. Ketika bermain bersama mereka sebaiknya tidak hanya sekadar bermain tapi harus ada manfaat yang dapat diambil dari aktivitas tersebut. Jadilah orang tua yang dapat mengasah keterampilan dan kreativitas mereka dengan melakukan kegiatan seperti memasak, menggambar, olahraga, memancing dan sebagainya.

  • 3. Berkemah

  • Untuk mengajarkan kepada mereka akan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di bumi ajaklah mereka berkemah ke gunung atau pantai. Berkemah adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, karena Anda melakukannya bersama dengan anak Anda, maka persiapkanlah segala kebutuhannya dengan sebaik mungkin. Melalui berkemah bersama, Anda tidak hanya akan semakin dekat dengan anak-anak Anda tetapi mereka juga sekaligus dapat belajar untuk mencintai alam sekitarnya.

  • Advertisement
  • 4. Berkebun

  • Membangun kedekatan dengan anak Anda dapat Anda lakukan dengan cara lain, yaitu dengan berkebun. Melalui kegiatan berkebun Anda sekaligus dapat mengajarkan kepada mereka bagaimana cara bercocok tanam yang benar dan mengenalkan kepada mereka kegunaan serta manfaat dari berbagai macam tanaman.

  • 5. Menonton bioskop

  • Di akhir pekan gunakan waktu libur Anda untuk sesekali mengajak putra atau putri Anda menonton bioskop, namun terlebih dahulu pastikan bahwa film yang sedang diputar yang akan Anda tonton sesuai dengan usia anak Anda.

  • 6. Membersihkan rumah bersama

  • Cara ini sangat baik diterapkan untuk dapat mendekatkan anak-anak kepada orang tuanya. Mintalah anak-anak untuk peduli dan memiliki tanggung jawab terhadap tempat tinggal mereka, di akhir pekan atau di hari libur kenaikan sekolah ajaklah mereka untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan dan merapihkan rumah. Lakukan kegiatan bersih-bersih rumah ini dengan cara yang menyenangkan sehingga mereka tidak bosan atau merasa terpaksa melakukannya.

  • 7. Makan di luar rumah

  • Sesekali Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk makan bersama di luar rumah, tidak harus selalu mengunjungi restoran ternama yang mahal, Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi taman kota atau pergi ke kebun raya terdekat di daerah Anda. Cara ini sangat menyenangkan dengan terlebih dahulu membawa bekal dari rumah. Anda pun dapat menyaksikan anak-anak Anda bermain dan berlari ke sana ke mari dengan leluasa.

  • 8. Ngobrol bersama

  • Ini adalah cara yang murah meriah dan tidak membutuhkan biaya banyak, orang tua hanya perlu sering menyapa atau mengajak anak-anaknya untuk mengobrol atau membahas tentang sesuatu. Jika anak Anda memiliki karakter pendiam, maka orang tua harus cerdik dalam memilih tema yang akan mereka bicarakan bersama. Ketika Anda mengajak mereka berbicara dan meminta mereka untuk membantu Anda membuat keputusan maka mereka akan merasa sangat dibutuhkan serta dihargai. Ajaklah anak-anak Anda untuk berbicara secara terbuka, jangalah menciptakan jurang pemisah antara orang tua dengan anak-anak.

  • Anak-anak yang Anda miliki adalah harta yang sangat berharga, janganlah pernah menyia-nyiakan waktu untuk bisa bersama dengan mereka sesering mungkin. Bangunlah hubungan dekat sebaik mungkin, didiklah mereka sesuai dengan nilai-nilai luhur yang sepatutnya mereka terima dari orang tuanya. Biarkanlah mereka mengidolakan serta menghormati Anda sebagai satu-satunya orang yang telah berjasa dalam membantu mereka untuk tumbuh menjadi manusia yang berguna baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain kelak di kemudian hari.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

8 Tips Membangun Hubungan Dekat dengan Anak Anda

Bangunlah hubungan dekat sebaik mungkin, didiklah mereka sesuai dengan nilai-nilai luhur yang sepatutnya mereka terima dari orang tuanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr