Bijaksana dalam Mengelola Keuangan adalah Cara Tercepat untuk Menjadi Kaya

Oleh karena itu, jika kita bersungguh-sungguh ingin memperoleh kekayaan, maka kita harus bekerja dengan keras dan jangan pernah sekalipun terbersit keinginan di dalam hati kita untuk menduakan Dia.

22,916 views   |   37 shares
  • Impian menjadi orang kaya dengan memiliki uang miliaran atau bahkan triliunan rupiah adalah dambaan setiap orang, karena dengan uang yang kita miliki kita akan bisa membeli hampir segala hal yang kita inginkan. Menjadi kaya bukanlah suatu dosa karena Tuhan sendiri pun tidak melarang kita untuk menjadi kaya, hanya bagaimana cara kita dalam memperoleh kekayaan tersebut yang menentukan. Dalam proses mencari kekayaan tiap-tiap orang memiliki metodenya masing-masing, namun bijaksana dalam mengelola keuangan adalah cara tercepat untuk menjadi kaya. Setelah kita berhasil dalam memperoleh kekayaan, agar kekayaan yang kita miliki tersebut dapat tetap langgeng dan dapat memberkati kita, keluarga dan orang-orang di sekitar kita, ada beberapa hal yang kita semua perlu ketahui, bahwa:

  • 1. Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang

  • Di sini kita perlu memahami bahwa karena manusialah yang menciptakan uang, maka seharusnya kita tidak boleh menjadi hamba uang. Kita harus berusaha sebaik mungkin untuk menghindari hutang, karena hutang adalah sumber dari segala kesulitan dan ketidakbahagiaan. Dalam hal lain, kita seharusnya tidak menempatkan uang di atas segalanya, kita tidak boleh mengorbankan kebahagiaan keluarga kita demi memperoleh uang yang berlimpah.

  • 2. Hiduplah dengan sederhana sebagaimana diri Anda sendiri

  • Hindarilah bergaya hidup mewah meskipun Anda mampu dan janganlah bergaya hidup mewah ketika Anda tidak mampu. Hiduplah secara sederhana dengan apa yang Anda miliki, Anda tidak perlu malu dengan kondisi ekonomi Anda saat ini, karena kebahagiaan sejati bukan diukur dari berapa banyak uang yang Anda miliki, namun dari seberapa bermanfaat kehidupan Anda bagi kebahagiaan orang lain di sekitar Anda.

  • 3. Jangan melakukan apa yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja

  • Percaya diri pada kemampuan Anda, janganlah mudah terhasut oleh perkataan orang lain, khususnya dalam membuat perencanaan keuangan. Anda boleh mendengarkan saran dari teman-teman atau saudara Anda, namun kembali dengarkanlah suara hati Anda, saringlah setiap saran yang Anda terima dan laksanakan yang baik saja.

  • 4. Jangan memakai merek, kenakan yang benar dan nyaman untuk kita

  • Jangan berjiwa konsumtif. Pakaian yang bermerek, gadget yang mahal dan sebagainya hanya akan membuat pengeluaran yang sia-sia, jadilah bijak dalam memilih barang-barang yang akan kita kenakan yang mampu menunjang aktifitas kita dengan baik. Tidak perlu menuruti keinginan hati jika rasa gengsi yang mendasari keinginan kita untuk memiliki barang-barang mewah tersebut. Jika kita ingin cepat kaya, maka kita terlebih dahulu harus bisa hidup dengan sederhana dan memanfaatkan uang yang kita miliki untuk hal-hal lain yang lebih produktif dan menguntungkan.

  • Advertisement
  • 5. Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting

  • Hendaknya kita bisa membuat prioritas, manakah hal-hal yang membutuhkan penyelesaian dengan cepat dan mana saja hal-hal yang dapat ditunda. Sebagai contoh, jika kita sangat membutuhkan tempat usaha yang baru, maka rencana untuk membeli mobil baru dapat kita tunda terlebih dahulu.

  • 6. Ada hal-hal yang tidak bisa dibeli uang

  • Uang memang sebuah alat yang sangat menakjubkan yang pernah diciptakan oleh manusia, dengan memiliki uang kehidupan ini jadi terasa lebih mudah. Namun, ada beberapa hal yang kita semua perlu menyadari bahwa dengan uang: kita bisa membeli rumah, tapi tidak keluarga. Kita bisa membeli jam, tapi tidak waktu. Kita bisa membeli tempat tidur, tapi tidak waktu untuk istirahat. Kita bisa membeli buku, tapi tidak ilmu pengetahuan. Kita bisa membeli jabatan, tapi tidak rasa hormat. Kita bisa membeli darah, tapi tidak kehidupan.

  • 7. Berbagi

  • Hendaknya tidak pelit kepada orang lain. Pengalaman yang kita miliki hendaknya dapat kita bagikan kepada orang lain, kekayaan yang telah kita peroleh hendaknya tidak kita nikmati sendiri, masih ada banyak saudara kita yang tidak seberuntung kita, mereka masih bergelut dengan susah payah untuk sekedar bertahan hidup. Oleh karena itu, kita diminta untuk menyisihkan sebagian dari harta kekayaan kita untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, jika kita melakukannya dengan tulus dan ikhlas percayalah bahwa kita tidak akan jatuh miskin karenanya.

  • Tuhan mengetahui segala kebutuhan kita, rejeki yang kita miliki adalah berasal dari-Nya. Oleh karena itu, jika kita bersungguh-sungguh ingin untuk memperoleh kekayaan, maka kita harus bekerja dengan keras dan jangan pernah sekalipun terbersit keinginan di dalam hati kita untuk menduakan Dia.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Bijaksana dalam Mengelola Keuangan adalah Cara Tercepat untuk Menjadi Kaya

Oleh karena itu, jika kita bersungguh-sungguh ingin memperoleh kekayaan, maka kita harus bekerja dengan keras dan jangan pernah sekalipun terbersit keinginan di dalam hati kita untuk menduakan Dia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr