Menabung

“Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”

4,183 views   |   shares
  • "Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian

  • Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian"

  • Kebiasaan menabung adalah kebiasaan yang baik, menyenangkan dan menguntungkan kita. Awalnya memang tidak menyenangkan karena kita menantikan akhirnya yang tidak bakal datang dalam waktu singkat kecuali untuk menabung dengan tujuan jangka pendek. Biasanya tujuan menabung adalah dalam bentuk jangka panjang dan sangat mengesalkan karena lamanya kita mendapatkan manfaatnya. Menabung itu sama seperti membesarkan anak-anak hingga mereka dewasa dan mandiri. Tidak hanya membutuhkan uang, tetapi juga kesabaran, kasih sayang, dan komitmen. Berikut ini adalah pokok-pokok penting dalam menabung:

  • Alasan menabung

  • Mengapa kita perlu menabung? Ada banyak alasan kita menabung, namun setidaknya ada dua: jangka panjang (membeli rumah, pensiun, jika tiba-tiba hilang pekerjaan, dll.) dan jangka pendek (membeli hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, membeli sepeda atau komputer, dan lainnya.

  • Siapa, kapan dan berapa banyak?

  • Siapa saja bisa menabung dan tidak ada batasannya. Mereka bisa orang tua, anak-anak, remaja, dewasa, pria, wanita. Kapan saja Anda bisa menabung, tidak ada kata "terlambat" atau "terlalu kecil dan tidak ada artinya". Kebiasaan menabung seyogyanya dimulai waktu kita masih kecil, namun bila Anda merasa terlambat dan merasa sudah tua maka saat ini pun bisa Anda lakukan. Pikiran bahwa "uang saya tidak banyak," atau "percuma, tak ada gunanya, tak bakal kaya" saya hanya memiliki kelebihan Rp5000,- saja perbulannya." Tak menjadi masalah! Ungkapan, "sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit" perlu dipantek dalam benak Anda. Harapan siapa tahu suatu hari kelak saya bisa menabung lebih banyak seharusnya menjadi bagian sikap positif Anda. Coba bayangkan, seandainya Anda tidak menabung apa yang akan terjadi apabila Anda menghadapi masalah seperti anak harus masuk rumah sakit? Mungkin uang yang Anda tabung tidak sangat berarti saat itu, namun paling tidak menolong Anda ketika si kecil harus dirawat di rumah sakit. Kecil hati adalah musuh paling besar dalam menabung. Hindarilah dan cepatlah membuang pemikiran negatif semacam ini.

  • Apa saja?

  • Bukan uang saja yang bisa kita tabung, namun benda-benda semacam barang antik yang bisa dipasarkan, perangko, boneka dan mainan lainnya, hadiah utk pernikahan, ulang tahun, emas dan lainnya. Kita perlu memiliki mata "elang" sewaktu membeli barang dan tahu saat-saat ada "obral" atau "diskon besar". Saat itulah kita perlu berkeliling dan lelah badan untuk mencari yang murah dan bagus untuk disimpan dan bila saatnya tiba diberikan kepada yang berulang tahun, menikah dan sebagainya atau mencari benda antik, apabila Anda memiliki uang lebih banyak, yang bisa dijual belikan pada saatnya.

  • Advertisement
  • Bagaimana?

  • Menabung dapat di rumah. Apabila Anda memiliki disiplin tinggi maka rumah boleh menjadi tempat untuk menabung. Menabung di bank tentunya lebih terjamin keamanannya. Bagi-bagilah tabungan Anda seperti setiap anak memiliki tabungan terpisah, tabungan untuk jangka panjang dan jangka pendek serta usahakanlah untuk mengisinya setiap bulan. Sekali lagi tidak menjadi masalah jumlahnya, yang penting Anda menabung untuk tujuan yang direncanakan. Satu hal yang perlu dipelajari, menabung dalam bentuk tanah, rumah atau apartemen memiliki risiko tinggi. Tanah, apabila ekonomi sedang turun tidak mudah untuk dijual; demikian pula dengan rumah atau apartemen apabila Anda tidak handal dalam menanganinya maka kerugian mungkin bisa terjadi. Bagi orang-orang yang "pintar" dalam berwiraswasta akan sangat menguntungkan namun bila Anda tidak memiliki "jiwa wiraswata" maka sebaiknya memikirkan sekali lagi untuk menabung dalam bentuk ini. Anda juga dapat menabung dalam bentuk emas atau perak, carilah yang dalam bentuk koin karena koin ini mudah dijual dan cepat laku di pasaran.

  • Kebiasaan menabung tidak saja memberikan manfaat dalam keadaan darurat namun juga menolong Anda menikmati liburan yang menyenangkan apabila Anda sudah pensiun. Bayangkan kalau Anda senang berjalan-jalan melihat tempat-tempat baru yang belum Anda kenal. Bayangkan kalau Anda senang melakukan hobi Anda di rumah dan dapat memiliki peralatan yang Anda impikan dan terwujud. Tabungan Anda akan menolong mewujudkan mimpi Anda dan mencapai tujuan yang sudah Anda rencanakan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Mary Kadarusman is a homemaker and a tutor. Mother of four and thirteen grandchildren. Contact me at: marykadarusman@gmail.com

Menabung

“Berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr