Sesudah Pesta Berakhir

Mungkin sehabis pesta Anda berdua langsung berangkat ke tempat peristirahatan untuk berbulan madu. Namun apakah Anda sudah menyiapkan hal-hal lainnya yang Anda perlukan guna menempuh bahtera hidup Anda selanjutnya?

5,648 views   |   3 shares
  • Pesta pernikahan Anda baru saja selesai, Anda dan pasangan Anda merasa bahagia dalam kelelahan menerima ucapan selamat dari ratusan tamu. Berakhirlah sudah segala persiapan selama berbulan-bulan yang memakan biaya, tenaga dan pikiran. Anda tidak lagi dilanda stres karena harus mengurus menu buat pesta, memesan gedung, mengirim undangan, mengepas gaun pengantin atau jas tuksedo dan banyak lagi hal-hal kecil lainnya yang akan berpengaruh besar bagi kesuksesan pesta kawin Anda. Anda juga tidak lagi kuatir memikirkan apakah hujan akan turun atau apakah semuanya akan berjalan mulus di hari besar itu. Mungkin sehabis pesta Anda berdua langsung berangkat ke tempat peristirahatan untuk berbulan madu. Namun apakah Anda sudah menyiapkan hal-hal lainnya yang Anda perlukan guna menempuh bahtera hidup Anda selanjutnya? Boleh dikata dengan berakhirnya pesta Anda harus pindah ke alam nyata, menghadapi tantangan hidup. Di bawah ini ada beberapa saran yang dapat membantu Anda memulai hidup baru:

  • Tempat tinggal

  • Tentu saja inilah yang nomor satu. Anda tidak akan membawa pengantin baru Anda tinggal bersama orang tua Anda, bukan? Terlalu banyak stres akan muncul bila Anda harus mempersatukan dua buah keluarga dalam satu rumah. Anda sendiri masih harus menyesuaikan diri dengan pasangan Anda. Selama pacaran tentu saja semuanya baik-baik saja karena satu sama lain masih mau mengalah dengan sukarela, masih ada rasa rindu yang besar untuk bertemu. Sesudah pesta perkawinan, Anda akan bersama dia setiap menit, setiap hari, setiap minggu, bahkan diharapkan selama hayat dikandung badan. Kepribadian dua manusia yang berlainan di sini dipersatukan dan diuji daya tahannya dalam bulan-bulan pertama pernikahan Anda. Ini saja sudah merupakan hal yang penuh tantangan, masa Anda akan menambahnya dengan tantangan lain seperti hubungan antara menantu dan mertua, antara teman hidup Anda dan ipar-iparnya dan seterusnya? Siapkanlah tempat tinggal sendiri, kalau belum mampu membeli rumah, tinggallah di apartemen atau bahkan rumah kost.

  • Keuangan

  • Salah satu penyebab utama perceraian adalah masalah ekonomi. Sebelum menikah Anda berdua mungkin sudah menyusun rencana siapa yang akan bekerja. Sebaiknya sebelum anak-anak lahir, Anda serta pasangan Anda bekerja dan menabung sehingga keuangan Anda mapan. Sesudah mempunyai anak salah satu dari Anda dapat tinggal di rumah untuk mengurus anak. Anda mungkin dapat melakukan pekerjaan sambilan di rumah atau kerja paruh waktu pada hari libur pasangan Anda. Anda berdua dapat membuka satu akun bersama dengan semboyan "milikku adalah milikmu." Jika Anda mempunyai akun yang berbeda untuk kepentingan mengatur pengeluaran, hendaknya Anda saling terbuka. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu dari pasangan Anda, dalam hal keuangan maupun hal-hal apa saja. Anda sudah berjanji susah senang dipikul bersama, bila ada kelebihan uang Anda dapat menikmatinya bersama, dalam kesempitan Anda berdua dapat mencari jalan keluarnya. Banyak suami yang menyembunyikan uang lemburnya atau tidak bercerita tentang kenaikan gajinya karena merasa dibatasi pemakaian uangnya oleh istrinya. Rumah tangga seperti ini tentunya kurang sehat.

  • Advertisement
  • Hubungan dengan keluarga

  • Bila kedua orang tua tinggal sekota sebaiknya Anda berdua mengatur waktu kunjungan. Misalnya Anda berdua datang ke rumah orang tua Anda hari Minggu ini, hari Minggu berikutnya giliran ke rumah orang tua pasangan Anda. Begitu pun waktu melewati hari-hari besar seperti Lebaran atau Natalan, jangan sampai Anda atau pasangan Anda merasa keluarganya tidak diperhatikan. Dalam hal memberi hadiah maupun melewatkan hari raya, cobalah bertindak seadil mungkin. Tidak saja terhadap orang tua tetapi juga terhadap saudara-saudara.

  • Kendaraan

  • Hal yang nampaknya sepele tetapi bisa menjadi biang keributan jika ada satu mobil di rumah. Jika Anda berdua naik kendaraan umum atau masing-masing mempunyai mobil sendiri persoalan tidak akan timbul, tetapi seandainya hanya ada satu mobil aturlah pemakaiannya secara adil. Mungkin yang tempat kerjanya dekat dapat memilih naik kendaraan umum atau diantar oleh pasangannya. Bila ada keperluan lain di luar pekerjaan, Anda dapat bergantian memakai mobil atau bila pasangan Anda sedang libur, dia dapat mengantar Anda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sesudah Pesta Berakhir

Mungkin sehabis pesta Anda berdua langsung berangkat ke tempat peristirahatan untuk berbulan madu. Namun apakah Anda sudah menyiapkan hal-hal lainnya yang Anda perlukan guna menempuh bahtera hidup Anda selanjutnya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr