9 Kebiasaan Buruk Orang Dewasa yang Perlu Segera Diubah

Sumpah serapah serta makian tidak pernah mendatang kebahagiaan, gunakanlah bahasa-bahasa yang sopan dan baik yang dapat mengilhami, menghormati orang lain dan terlebih menghormati diri Anda sendiri.

58,994 views   |   93 shares
  • Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang tentunya memiliki kebiasaan, kebiasaan yang dimiliki tiap-tiap orang dapat berbeda-beda, kebiasaan tersebut bisa berasal dari dalam diri sendiri atau datang dari meniru orang lain, dan kebiasaan tersebut tentunya ada yang baik dan juga buruk.

  • Tidak akan menjadi masalah bila seseorang memiliki kebiasaan baik karena pastinya hal itu tidak akan merugikan diri sendiri maupun orang lain, tapi baru akan menjadi masalah bila kebiasaan buruklah yang dimiliki. Membahas mengenai kebiasaan buruk tentunya ada banyak jenis kebiasaan buruk yang masing-masing orang miliki Berikut ini ada 9 kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang dewasa pada umumnya. Menyadari tidak semua orang dewasa melakukan hal-hal berikut, namun bagi Anda khususnya para orang tua yang telah memiliki buah hati dan kerapkali melakukan hal-hal berikut, mohon kesediaan Anda untuk mengubahnya atau jika mengalami kesulitan setidaknya tidak pernah Anda tunjukkan di hadapan anak-anak Anda secara langsung, dan 9 kebiasaan buruk tersebut adalah:

  • 1. Membuang ludah sembarangan

  • Kebiasaan jorok ini seringkali dilakukan oleh para pria dewasa dan remaja. Membuang ludah sembarangan selain tidak enak dipandang juga dapat mencemari lingkungan sekitar, oleh karena itu usahakanlah agar tidak membuang ludah sembarangan. Jika Anda terpaksa harus meludah usahakanlah tidak secara langsung di hadapan umum, tahanlah sejenak keinginan Anda, cobalah mencari tempat di sudut gang, pepohonan atau rerumputan.

  • 2. Mengucapkan kata-kata kasar

  • Kata-kata kasar itu sangat menyakitkan hati khususnya bagi orang lain yang mendengarkannya. Sumpah serapah serta makian tidak pernah mendatangkan kebahagiaan. Gunakanlah bahasa-bahasa yang sopan dan baik yang dapat mengilhami, menghormati orang lain dan terlebih menghormati diri Anda sendiri, karena kita akan dihormati atau direndahkan justru dari apa yang kita ucapkan.

  • 3. Merokok di tempat umum

  • Setiap orang pasti mengetahui, baik bagi perokok maupun bukan perokok, bahwa rokok sangat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, bagi Anda khususnya para perokok, jika Anda menghormati orang lain dan tidak menginginkan orang lain menderita penyakit yang dapat ditimbulkan dari bahaya rokok yang Anda hisap, janganlah merokok di tempat-tempat umum, merokoklah di tempat khusus yang telah disediakan khusus bagi perokok. Kepada Anda para orang tua jika Anda tidak ingin anak-anak Anda menjadi pecandu rokok maka berhentilah merokok sekarang juga, namun jika tetap kesulitan untuk berhenti setidaknya Anda tidak merokok secara terang-terangan di hadapan mereka.

  • Advertisement
  • 4. Berbohong

  • Bagi para orang tua janganlah mengajari anak-anak Anda untuk berbohong. Didiklah anak-anak Anda untuk selalu terbiasa berkata jujur karena kebiasaan berbohong tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

  • 5. Mematikan lampu dan TV bila sudah tidak digunakan

  • Kebiasaan ini nampak sepele tapi pelakunya paling banyak. Dengan mematikan lampu atau TV bila tidak lagi digunakan akan bisa menghemat pengeluaran Anda untuk membayar tagihan listrik tiap bulannya. Ajarlah anak-anak Anda untuk terbiasa melakukannya supaya berhasil biarkan anak-anak Anda belajar dari teladan Anda dan bukan dari banyaknya kata-kata yang Anda ucapkan tapi tak satu pun yang Anda lakukan.

  • 6. Tidak menumpuk pakaian kotor

  • Akan lebih ringan dan hemat bila Anda segera mencuci pakaian kotor Anda daripada menumpuknya hingga berbulan-bulan baru Anda akan mencucinya. Mencuci langsung pakaian kotor Anda secara tidak langsung hal tersebut mengajarkan kepada anak-anak Anda untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang pribadinya, jadi jika Anda sekarang memiliki pakaian kotor segeralah cuci.

  • 7. Membiarkan rumah berantakan

  • Rumah yang berantakan sangat tidak nyaman untuk ditinggali di samping tidak sedap dipandang rumah yang berantakan mencerminkan kepribadian si pemilik rumah. Oleh karena itu, rapihkanlah setiap saat rumah Anda, libatkanlah anak-anak Anda untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan rumah mereka. Rumah yang bersih itu sehat, rumah yang bersih dapat mendatangkan inspirasi, dengan rumah yang bersih kita akan dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

  • 8. Ngerumpi

  • Kebiasaan berikut seringkali dilakukan oleh para ibu, namun tidak sedikit pula para pria yang gemar melakukannya. Ngerumpi membahas hal-hal yang tidak penting hanya membuang-buang waktu saja, kita akan jauh lebih produktif bila mau membuang kebiasaan ngerumpi tersebut dan mulai melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan menghasilkan.

  • 9. Mengkonsumsi makanan tidak sehat

  • Contoh kebiasaan buruk lainnya adalah perihal makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Ada begitu banyak jenis makanan sehat di dunia ini tapi mengapa orang dewasa, khususnya para orang tua, lebih cenderung suka mengkonsumsi yang tidak sehat? Anak-anak akan terbiasa melakukan hal yang serupa apabila orang tua tidak pernah menganjurkan atau membiasakan buah hati mereka untuk terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Semoga mulai saat ini, agar tetap bisa hidup dengan sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya, setiap orang mulai memperhatikan apa saja yang akan dimakannya.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

9 Kebiasaan Buruk Orang Dewasa yang Perlu Segera Diubah

Sumpah serapah serta makian tidak pernah mendatang kebahagiaan, gunakanlah bahasa-bahasa yang sopan dan baik yang dapat mengilhami, menghormati orang lain dan terlebih menghormati diri Anda sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr