Bahaya Diet Ekstrim

Orang sekarang menggemari makanan (dan minuman) sehat, dari sayur/buah organik sampai power bar berbagai merk. Dalam usahanya melangsingkan dan menyehatkan tubuh orang melupakan patokan empat sehat lima sempurna.

5,387 views   |   4 shares
  • Kematian Peaches Geldoff yang baru berusia 25 tahun dan mempunyai 2 anak kecil-kecil sempat mengagetkan dunia selebriti Inggris. Ayah Peaches, Bob Geldoff pernah mengukir sejarah di dunia musik dengan konser super "Live Aid" untuk memerangi kemiskinan di Afrika. Konon ada yang memperkirakan kematian Peaches karena diet yang terlalu ekstrim. Sesuai dengan posisinya sebagai model, dia perlu menjaga kelangsingan tubuhnya. Di tahun 2011 dalam wawancaranya dengan majalah OK dia menyatakan pernah minum jus sehari tiga kali sampai sebulan. Sehabis itu dia kembali ke makanan biasa, memenuhi keinginannya untuk makan kripik kentang.

  • Apakah orang bisa mati karena cuma minum jus? Walaupun jus buah dan sayur dapat membersihkan badan dari toksik, namun bisa juga menyebabkan badan kekurangan protein dan karbohidrat bila diet Anda hanya terdiri dari jus. Kata Dr. Keri Peterson, seorang internis yang sering menulis untuk majalah Women's Health, "Saya tidak merekomendasikan diet jus, kalau untuk sesaat tidak ada bahayanya, tetapi bila terus menerus bisa berakibat buruk."

  • Orang sekarang menggemari makanan (dan minuman) sehat, dari sayur/buah organik sampai power bar berbagai merk. Ada yang hanya minum jus seledri atau jus buah dan makan protein bar. Dalam usahanya melangsingkan dan menyehatkan tubuh orang melupakan patokan empat sehat lima sempurna. Tubuh kita memerlukan karbohidrat, protein, mineral dan banyak zat lainnya untuk dapat bekerja dengan sempurna. Di bawah ini ada beberapa diet ekstrim yang hendaknya dihindari.

  • Diet terbatas

  • Gwyneth Paltrow, bintang film Hollywood terkenal yang membintangi Iron Man menyukai diet yang menghindari kopi, telur, produk dari susu (mentega, keju, es krim, dll), gula, kerang-kerangan, gandum, kentang, jagung dan makanan yang mengandung bahan tidak alami. Sebaliknya dia membatasi makanannya dengan makanan yang tidak mengandung gluten, sayur-sayuran dan makanan super sehat lainnya. Banyak orang yang mencela dan menuduh dia sebagai ibu yang kurang baik karena membuat keluarganya mengikuti diet ini, namun dia membela diri dengan mengatakan bahwa dia mengabdikan hidupnya untuk anak-anaknya.

  • Diet Atkins

  • yang ditemukan oleh Dr. Robert Atkins menganjurkan orang untuk mengurangi pemasukan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula sehingga tubuh dipaksa untuk membakar lemak dan protein, dengan demikian berat tubuh berkurang. Sebaliknya dia menganjurkan makan banyak daging, keju, telur dan kerang-kerangan untuk menggantikan biji-bijian dan kacang-kacangan. Para ahli nutrisi menguatirkan diet ini akan menambah lemak jenuh dan kolesterol dan menyebabkan kekurangan nutrisi dan serat.

  • Advertisement
  • Diet jeruk sitrun

  • Beyonce, penyanyi yang ngetop seantero jagad, mempunyai diet unik untuk "membersihkan tubuh." Diet ini menganjurkan pengikutnya untuk minum air jeruk sitrun ditambah campuran sirup mapel dan bubuk cabai merah selama tujuh sampai sepuluh hari, makanan padat dilarang. Selain itu para pengikut diet ini dianjurkan minum teh herbal yang memiliki khasiat seperti obat pencahar. Jelas diet ini mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi khususnya protein.

  • Diet makanan mentah

  • Para pengikut diet ini percaya bahwa makanan yang tidak diolah adalah makanan yang paling sehat. Karena itu mereka makan khususnya buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian (khususnya yang dijadikan kecambah) dan kacang-kacangan. Ada yang makan telur mentah dan keju yang dibuat dari susu yang tidak diolah. Diet ini kaya akan nutrisi namun ada kemungkinan mengakibatkan keracunan makanan karena bakteria, parasit dan jamur.

  • Diet buah

  • Mendiang Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple, menjalankan diet ini semasa hidupnya. Walaupun disebut diet buah, tetapi pengikut diet ini juga makan sayur, kacang-kacangan, beberapa biji-bijian tertentu tetapi menghindari produk dari gandum dan hewan. Ketika Ashton Kutcher memerankan Steve dalam filmnya Jobs, dia mencoba menjiwai perannya dengan mengikuti diet buah ini. Ternyata dia tidak tahan dan terpaksa dirawat di rumah sakit karena mengalami masalah dengan pankreasnya. Steve sendiri meninggal karena kanker pankreas yang tidak ada hubungan dengan dietnya.

  • Dalam segala hal yang penting adalah melakukannya dengan tidak berlebihan. Kalau kita ingin sehat janganlah menyakiti tubuh kita dengan diet yang ekstrim.

  • Sumber: doctoroz.com

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bahaya Diet Ekstrim

Orang sekarang menggemari makanan (dan minuman) sehat, dari sayur/buah organik sampai power bar berbagai merk. Dalam usahanya melangsingkan dan menyehatkan tubuh orang melupakan patokan empat sehat lima sempurna.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr