Cara Bijak untuk Membantu Anak Anda Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seiring dengan pertumbuhan seorang gadis, segala macam perubahan terjadi pada tubuhnya, termasuk mengembangkan fitur tubuh yang lebih feminim. Putri Anda akan tumbuh lebih tinggi dan beberapa bagian tubuhnya akan mulai berkembang.

4,750 views   |   3 shares
  • Percaya diri merupakan bagian penting dari pertumbuhan seorang gadis ABG (Anak Baru Gede). Membaurkan beberapa cara dapat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.

  • Seiring dengan pertumbuhan seorang gadis, segala macam perubahan terjadi pada tubuhnya, termasuk mengembangkan fitur tubuh yang lebih feminin. Putri Anda akan tumbuh lebih tinggi dan beberapa bagian tubuhnya akan mulai berkembang. Semua perubahan ini dapat menyebabkan masalah percaya diri. Terutama, jika dia adalah tipe anak pemalu. Dia perlu mengetahui bahwa dia tidak bodoh, bahkan saat dia kebetulan kalah dalam pertandingan sepak bola atau tidak mendapatkan hasil ujian yang begitu bagus.

  • Sebuah studi yang dilakukan oleh NYU Child Study Center memperkirakan bahwa 59 persen anak perempuan dari kelas 5 SD sampai dengan anak kelas 3 SMA, tidak puas dengan bentuk tubuh mereka. Dari kelompok yang sama, 47 persen dari mereka merasa bahwa mereka perlu menurunkan berat badan agar mereka bisa terlihat sekurus gadis-gadis model di majalah. Pada saat menginjak usia 15 tahun, anak perempuan cenderung mengalami depresi lebih dari anak laki-laki. Suatu statistik yang menyedihkan.

  • Adalah penting untuk seorang gadis muda untuk mengetahui bahwa dirinya cantik dan berbakat. Perubahan tubuh yang dialaminya adalah normal dan alami. Ada banyak cara yang bijak untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka.

  • Mendidiknya

  • Saat seorang anak perempuan menginjak usia 8 atau 9 tahun, adalah waktu yang sangat baik untuk mulai berbicara dengannya tentang pubertas. Pengetahuan adalah kekuatan dan memulai sejak dini adalah cara yang terbaik. Menurut kidshealth.org, tidaklah aneh bagi seorang perempuan untuk memulai pubertasnya saat mereka umur 8 atau 9 tahun. Jika mereka tahu apa yang akan terjadi, Anda dapat menyingkirkan masalah percaya diri sebelum masalah ini menjadi masalah serius. Untuk anak perempuan yang sudah agak dewasa, bicaralah kepada mereka tentang hubungan dengan anak-anak perempuan lainnya, hubungan dengan anak laki-laki, dan hubungan dengan guru- gurunya. Hal ini merupakan cara yang dapat membantu untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mereka dapat mengatasi masalah-masalah anak-anak muda.

  • Ajarkan mereka dengan memberi contoh

  • Adalah penting bagi putri Anda untuk mengetahui bahwa Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Jika Anda terus-menerus menilai rendah diri Anda sendiri atau menilai rendah orang lain tentang penampilan mereka, Putri Anda akan merasakan dampak negatif dari perilaku ini. Orang tua yang percaya diri dapat memberikan contoh yang baik untuk putrinya dan membantunya untuk merasa percaya diri tentang dirinya sendiri. Dengan ini Anda dapat mempersiapkan putri Anda untuk menangani masalah-masalah yang sulit yang akan datang dalam kehidupannya.

  • Advertisement
  • Ajar mereka dengan penuh kasih sayang

  • Bahkan di saat-saat ketika Anda berdua sepertinya sudah putus asa untuk berkomunikasi, Anda dapat menunjukkan kasih sayang Anda melalui pelukan, senyuman, dan tiga kata kecil, "Aku sayang kamu." Saat dia melalui masa-masa sulitnya, tetaplah selalu siap untuknya. Jika dia ingin bicara, dengarkanlah. Jika dia tidak ingin bicara, kirimkan pesan padanya dan katakan padanya bahwa Anda mengasihinya. Kadang-kadang, membawanya pergi shopping untuk berbelanja pakaian sekolah dapat membantu dirinya untuk merasa lebih baik. Kuncinya adalah untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, tapi juga jangan keterlaluan. Sewaktu putri saya sedang mengalami masalah atau saat dia sedang merasa tidak percaya diri, saya mengajaknya untuk pergi jalan-jalan dan makan es krim. Ada saatnya dia mau bicara, ada saat di mana dia tidak mau bicara sama sekali. Biarpun begitu, tetaplah selalu berada di sisinya. Kadang-kadang yang dia butuhkan hanyalah kesediaan Anda untuk memeluknya saat dia bersedih.

  • Tunjukkan padanya tentang kenyataan

  • Majalah-majalah biasanya memperlihatkan model-model yang terlihat sempurna dengan tubuhnya yang tinggi kurus seperti lidi dan tidak ada lemak di tubuhnya, dan warna kulit yang sempurna. Banyak gadis-gadis model bersaing untuk merebutkan perhatian putri Anda. Terserah Anda, sebagai orang tua, untuk menunjukkan realitas kehidupan kepada putri Anda. Seorang model terlihat tampak sempurna karena dia memiliki 10 perias wajah dan desainer yang bekerja untuknya. Mereka menutupi ketidaksempurnaan mereka dengan makeup yang tebal, dan mereka mengenakan pakaian yang mahal. Intinya adalah untuk menunujukkan pada putri Anda bahwa tidak ada orang yang sempurna. Gadis-gadis model itu pulang ke rumahnya dan mereka pun mempunyai masalah yang sama seperti layaknya gadis-gadis normal lainnya. Yang paling penting untuk putri Anda pelajari adalah bahwa kecantikan datang dari dalam. Seorang gadis yang menjunjung tinggi kebajikan, integritas, harga diri, kebaikan, dan yang suka melayani sesama, tidak hanya cantik di dalam, tetapi juga mulia di mata semua orang di sekelilingnya.

  • Libatkan ayah atau seorang figur ayah

  • Seorang gadis perlu mendengar dari ayahnya bahwa mereka sangat berharga dalam kehidupan mereka. Peran seorang ayah sangatlah penting dalam meningkatkan rasa percaya diri putri mereka dengan memuji prestasi-prestasi yang dia capai. Pergi jalan-jalan berdua dan makan malam di restoran sebagai waktu "ayah-putri" adalah cara yang bagus untuk mengembangkan hubungan ayah dan putrinya. Jika ayah tidak ada, kakek, paman, atau figur ayah lainnya dapat membantunya mengembangkan rasa percaya diri.

  • Advertisement
  • Membiarkan putri Anda gagal

  • Kita semua ingin anak kita sukses. Namun, mencoba untuk mencapai semua prestasi dengan sedikit usaha dapat membuat mereka stres. Memiliki rasa percaya diri bukan berarti mereka mendapatkan hal yang mereka inginkan dengan menunjukkan wajah cemberut. Biarkan mereka mencoba banyak hal, tapi jangan memanjakan mereka jika mereka tidak sempurna dalam segala hal. Kadang-kadang, kegagalan tidak bisa dihindari. Namun melalui kegagalan, mereka dapat tumbuh maju dan berkembang, dan pengalaman-pengalaman itu akan menjadikan dia seorang gadis muda yang lebih baik.

  • Rasa percaya diri datang dalam segala bentuk. Mengetahui bagaimana untuk membantu putri Anda saat merasa rasa percaya dirinya berkurang, dapat membantu membangun kembali kepercayaan dan kasih sayang yang akan berkembang menjadi hubungan yang baik dan langgeng.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli "I'm not perfect. I'm me and that's perfect: Subtle ways to help your daughter boost self-esteem" karya Julia Nielsen.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Julia Nielsen is currently parenting three kids with pitfalls and pleasures. She is the co-author of two published books in "The Crystal Locket" series, with her father, and has freelanced for 15 years. check out her blog: http://jewelswrites.blogspo

Cara Bijak untuk Membantu Anak Anda Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seiring dengan pertumbuhan seorang gadis, segala macam perubahan terjadi pada tubuhnya, termasuk mengembangkan fitur tubuh yang lebih feminim. Putri Anda akan tumbuh lebih tinggi dan beberapa bagian tubuhnya akan mulai berkembang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr