Anda Sulit Memusatkan Perhatian?

Anda sering meninggalkan sesuatu yang sedang Anda kerjakan dan beralih mengerjakan sesuatu yang lain tanpa menyelesaikan yang pertama?...ini adalah sebagian dari ciri-ciri gangguan kesulitan memusatkan perhatian atau istilah populernya ADD.

2,595 views   |   0 shares
  • Anda sering meninggalkan sesuatu yang sedang Anda kerjakan dan beralih mengerjakan sesuatu yang lain tanpa menyelesaikan yang pertama? Pernahkah Anda kesal melihat anak Anda lari-larian, lompat-lompatan, seakan-akan tidak pernah merasa capai, sementara pekerjaan rumahnya belum selesai padahal hari sudah petang dan dia mengerjakannya sejak pulang dari sekolah? Semua ini adalah sebagian dari ciri-ciri gangguan kesulitan memusatkan perhatian atau istilah populernya ADD (attention deficit disorder). Banyak orang dewasa tidak menyadari dirinya menderita gangguan ini dan dapat hidup layak tanpa harus minum obat, tetapi ada juga penderita ADD yang parah, tidak menyadarinya dan menganggap dirinya gagal.

  • Kesadaran

  • Seorang penyiar terkenal di AS, Lisa Ling, pernah meliput berita tentang ADD, dan menyadari bahwa dirinya mempunyai ciri-ciri yang sama dengan penderita ADD. Ketika dia menjalani tes, ternyata dia memang memiliki gangguan ini. Seorang ibu rumah tangga mempunyai anak yang menderita autisme, ketika dokter memeriksa kedua orang tua untuk mengetahui apakah gangguan itu diwarisi dari orang tuanya, dokter menemukan bahwa si ibu menderita ADD yang sangat parah. Si ibu mengakui bahwa sejak kecil dia dibilang cerdas tetapi dianggap pemalas. Dia mengalami kesulitan di sekolah karena tidak dapat memusatkan perhatian. Sesudah dewasa dan bekerja dia menemukan cara untuk mengatasi kekurangannya, dia mengorganisir segala sesuatu dengan cermat dan memberi label untuk setiap hal. Dia memakai headphone untuk mendengarkan musik sementara dia mengerjakan sesuatu. Musik di telinganya membantu dia memusatkan perhatian pada apa yang sedang dia kerjakan. Penulis sendiri baru sadar memiliki gangguan ini karena anak penulis dideteksi menderita ADD ringan.

  • Apa itu ADD

  • Orang-orang di atas beruntung menyadari di hari tuanya bahwa dirinya menderita ADD namun berhasil mengatasinya sehingga dapat hidup layak. Tetapi banyak orang tidak pernah menyadari hal ini dan menganggap hidupnya gagal. Banyak pula yang terpaksa minum obat untuk dapat mengatasi gangguannya. Menurut pakar para penderita ADD mengalami kekurangan dopamin di otaknya. Ada area di otak yang kekurangan oksigen sebanyak 7%, area inilah yang mengatur orang untuk mampu memusatkan perhatian, mengorganisir segala sesuatu dalam hidupnya. Salah satu tanda penderita ADD ialah tidak mampu menyelesaikan sesuatu yang sedang dikerjakannya, bukan berarti pekerjaan itu setengah jadi, melainkan 99%, namun sebelum 1% yang tersisa dilanjutkan, penderita ADD sudah mengerjakan hal lain.

  • Advertisement
  • Bahaya

  • Penderita ADD juga bertindak menurut dorongan hatinya tanpa berpikir panjang. Semasa kecil mereka akan melakukan hal-hal yang berbahaya seperti bermain dengan papan luncur tanpa peduli jalanan ramai. Anak saya melihat anjingnya masuk ke halaman rumah kosong yang menurut orang angker. Dia langsung memanjat pagar untuk mengambil anjingnya, ketika sedang memanjat keluar, tangannya tersangkut ujung pagar yang seperti tombak. Terpaksa dia dibawa ke dokter untuk dijahit lukanya. Begitu pun sesudah dewasa mereka akan mengendarai mobil dengan sembrono. Mereka cenderung mengalami kecelakaan karena terlalu berani mengambil resiko. Selain obat, terapi dapat membantu menanggulangi gangguan ini. Dengan pengarahan yang tekun penderita ADD dapat mengubah kecenderungannya mengambil resiko.

  • Perhatikan apakah anak Anda mengalami gangguan ini dengan mengamati ciri-ciri penderita ADD. Kesadaran yang awal dapat membantu menjauhkan anak itu dari bahaya. Bagi Anda sendiri bila Anda mengenali kekurangan ini dalam diri Anda, akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anda Sulit Memusatkan Perhatian?

Anda sering meninggalkan sesuatu yang sedang Anda kerjakan dan beralih mengerjakan sesuatu yang lain tanpa menyelesaikan yang pertama?...ini adalah sebagian dari ciri-ciri gangguan kesulitan memusatkan perhatian atau istilah populernya ADD.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr