Patuh Terhadap Hukum Mendatangkan Berkat serta Keselamatan

Jika kita mengharapkan berkat serta keselamatan dunia - akhirat mematuhi hukum adalah salah satu caranya.

2,713 views   |   shares
  • Saudara-saudara Anda tentu sepakat dengan saya bahwa kepatuhan terhadap hukum dapat mendatangkan berkat serta keselamatan.

  • Sebagai seorang Kristiani yang taat sejak kecil, saya telah diajar oleh orang tua tentang sebuah hukum. Hukum tersebut sering dikenal dengan nama hukum kasih. Hukum kasih mengajar kami agar selalau mengasihi Allah dengan sepenuh hati dan mengasihi sesama manusia tanpa pandang bulu. Dengan berusaha menerapkan sebaik mungkin kedua hukum tersebut di dalam kehidupan kami sehari-hari, maka kami boleh mengharapkan berkat serta keselamatan akan selalu hadir di tengah-tengah kehidupan kami dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Saudara-saudara saya menghargai apa pun kepercayaan Anda. Saya yakin kepercayaan yang Anda masing-masing imani mengajarkan hal-hal baik di dalam kehidupan Anda. Masing-masing agama di dunia ini pasti mengajarkan hukum kebaikan yang bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia agar selalu patuh serta menjauhi larangan dan dosa-dosa.

  • Pelanggaran hukum tidak pernah mendatangkan sukacita, hukum dibuat bukan untuk dilanggar melainkan untuk dipatuhi. Agar kita senantiasa dijauhkan dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi, hukum haruslah dipatuhi dengan seksama. Masih ingatkah Anda bagaimana orang tua kita mengajarkan kepada kita peraturan-peraturan semasa kita kecil? Saya ambil sebagai contoh, seperti: Tidak boleh bermain di jalan raya atau tidak boleh bermain dengan korek api, harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengenakan helm keselamatan. Ingatkah bahwa terkadang kita merasa hukum-hukum tersebut dibuat tampak seperti beban? Seolah-olah orang tua kita harus menciptakannya untuk menjauhkan diri kita dari hal-hal yang ingin sekali kita lakukan.

  • Begitu pula pelanggaran terhadap hukum-hukum Tuhan seperti perzinahan, pembunuhan dan sebagainya. Hal-hal tersebut tidak pernah mendatangkan berkat dan sukacita. Seiring bertambahnya usia dan kematangan keimanan seseorang, kita baru menyadari bahwa betapa pentingnya hukum-hukum tersebut dibuat. Orang tua kita melarang karena mereka sangat mengasihi kita. Tuhan juga demikian, karena Dia sangat mengasihi kita Dia memberikan kepada kita hukum-hukum tersebut untuk kita patuhi agar kita senantiasa terhindar dari dosa-dosa dan selalu berkenan di hadirat-Nya.

  • Sebagai manusia yang hidup dalam masyarakat kita pun tidak terlepas dari hukum. Sebagai anggota masyarakat yang baik kita wajib mematuhi norma-norma yang berlaku, norma-norma yang berada di dalam masyarakat bertujuan untuk mengatur agar senantiasa tercipta keharmonisan serta kerukunan dalam hidup bermasyarakat.

  • Advertisement
  • Di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak lepas pula dari hukum-hukum. Di setiap negara tentu memiliki hukum yang mengatur kehidupan rakyat mereka. Pemerintah adalah manifestasi perwujudan wakil Tuhan di dunia ini. Pemerintah mengeluarkan hukum untuk melindungi rakyatnya agar setiap manusia dapat hidup rukun satu sama lain serta tercipta keteraturan dan keamanan. Peperangan di dunia tidak akan terjadi bila saja setiap negara dengan sukarela mematuhi serta menghormati hukum-hukum yang berlaku di negara lain.

  • Oleh karena itu saudara-saudara, jika kita mengharapkan berkat serta keselamatan dunia - akhirat mematuhi hukum adalah salah satu caranya. Hukum telah ada sejak permulaan dunia ini, saya pribadi sangat mengimani bahwa hukum terutama di surga adalah hukum kepatuhan. Mengajarkan kepatuhan kepada seseorang sejak kecil adalah cara termudah yang setiap dari kita bisa lakukan. Proses pembiasaan diri untuk mematuhi hukum sejak masih kecil akan membuat seseorang dapat dengan mudah hidup tertib ketika dia tumbuh dewasa nanti. Jika masing-masing dari kita telah dapat hidup dengan tertib imbas yang dirasakan akan sangat terasa, keluarga akan harmonis, masyarakat rukun, dan negara aman.

  • Suadara-saudara, agar selalu tercipta ketertiban, keharmonisan dan keamanan saya mengajak Anda semua mulai saat ini untuk selalu dengan senang hati mematuhi hukum. Mematuhi hukum bukanlah sebuah beban, sekali lagi jangan pernah berpikir bahwa hukum dibuat untuk dilanggar. Hukum adalah perwujudan dari budaya manusia yang beradab. Hukum atau peraturan atau norma-norma yang berlaku di dalam keluarga, masyarakat atau negara bertujuan agar setiap orang dapat hidup secara tertib. Keharmonisan dan keamanan tidak mustahil tercipta bila saja setiap orang bersedia dengan senang hati untuk mematuhinya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Patuh Terhadap Hukum Mendatangkan Berkat serta Keselamatan

Jika kita mengharapkan berkat serta keselamatan dunia - akhirat mematuhi hukum adalah salah satu caranya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr