Mengenali Tanda-Tanda Orang Tenggelam

Ketika berada di pantai atau kolam renang, Anda mungkin pernah melihat orang yang tenggelam atau nyaris tenggelam. Dengan mengenali tanda-tanda orang tenggelam, Anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain bila keadaan darurat itu muncul.

8,203 views   |   7 shares
  • Tanah air kita yang indah dikelilingi banyak pantai berlaut biru yang mengundang orang untuk bermain air di tepi pantai. Di samping itu panas yang terik juga membuat orang gemar olahraga di kolam renang. Ketika berada di pantai atau kolam renang, Anda mungkin pernah melihat orang yang tenggelam atau nyaris tenggelam. Dengan mengenali tanda-tanda orang tenggelam, Anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain bila keadaan darurat itu muncul.

  • Bahaya tenggelam

  • Kita sering melihat di film seseorang yang tenggelam dan berteriak-teriak minta tolong sementara tangannya melambai-lambai. Dalam kenyataan orang yang tenggelam tidak akan sempat berteriak, karena dia sedang berusaha mati-matian menyelamatkan diri dan tidak ada kesempatan untuk berteriak sementara dia gelagapan menarik napas. Yang perlu kita perhatikan di kolam renang atau di pantai adalah bila ada seseorang yang tidak bergerak di dalam kolam/laut.

  • Tenggelam secara tidak langsung

  • Kejadian ini dialami oleh seorang anak yang bernama Johnny, dia berusia 10 tahun ketika peristiwa tragis ini terjadi. Dia bermain di kolam renang tetangga selama 45 menit di bawah pengawasan ibunya dan beberapa orang dewasa lainnya. Dengan memakai pelampung di kedua lengannya, dia tidak mengalami apa pun yang patut dikuatirkan, hanya sedikit tersedak air kolam. Selesai berenang dia tampak capai sekali dan tanpa disengaja buang air besar di celananya. Sesudah mandi, dia berganti pakaian dan masuk ke kamar tidur. Ketika seorang teman ibunya menengoknya di ranjang, di hidung dan mulut Johnny ada busa. Melihat hal itu dia memanggil ibu Johnny yang langsung panik dan menelepon ambulans. Dalam perjalanan ke rumah sakit Johnny meninggal karena serangan jantung.

  • Dokter menyatakan bahwa paru-paru Johnny kemasukan air sehingga darah yang mengalir ke situ tidak mendapat oksigen secukupnya. Akibat oksigen yang berkurang otak tidak berfungsi secara baik sehingga Johnny tidak dapat mengendalikan keluarnya kotoran dari tubuhnya. Pada akhirnya jantung tidak dapat bekerja lagi. Biasanya yang mengalami kejadian seperti ini adalah anak-anak berusia di bawah 14 tahun. Air kolam renang yang mengandung klorox juga dapat mengakibatkan radang paru-paru.

  • Gejala dari tenggelam secara tidak langsung adalah:

    1. Keluhan capai dan mata yang kurang responsif.

    2. Gerak gerik yang tidak biasanya, yang berlawanan dengan kebiasaan anak itu sehari-hari. Anak yang biasanya lincah tiba-tiba menjadi kuyu atau sebaliknya anak yang biasanya tenang jadi gelisah resah.

    3. Susah napas dan kadang timbul busa di hidung atau mulut. Bila melihat gejala-gejala ini segeralah panggil ambulans atau segera bawa anak itu ke rumah sakit bagian gawat darurat. Jangan sekali-kali anak itu disuruh tidur, melainkan pantaulah terus-menerus keadaannya, periksa suhu badannya.

  • Advertisement
  • Bahaya tenggelam lainnya

  • Anak kecil dapat tenggelam tidak saja ketika di dalam kolam renang atau laut, namun juga di bak mandi, toilet, bahkan mesin cuci. Karena itu kita tidak boleh lengah sedikit pun sewaktu menjaga anak-anak kecil. Seorang ibu kehilangan anak lelakinya karena anak itu memanjat mesin cuci dan terjatuh ke dalamnya sementara mesin sedang bekerja. Sebuah keluarga lengah sekejap dan anaknya meninggal karena kepalanya terendam dalam air toilet.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengenali Tanda-Tanda Orang Tenggelam

Ketika berada di pantai atau kolam renang, Anda mungkin pernah melihat orang yang tenggelam atau nyaris tenggelam. Dengan mengenali tanda-tanda orang tenggelam, Anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain bila keadaan darurat itu muncul.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr