Orang Tua yang Menderita Perundungan

Tidak jarang kita melihat anak yang bertingkah seperti raja di rumah, setiap permintaannya harus dituruti atau dia akan marah, membanting-banting kaki, melempar apa saja yang di dekatnya. Anak-anak seperti ini merundung orangtuanya.

3,739 views   |   shares
  • Anda mungkin heran membaca judul di atas karena biasanya anak-anaklah yang menjadi korban perundungan. Mereka sebagai mahluk yang lemah sering diperlakukan semena-mena oleh orang tua yang tidak bijaksana. Namun di zaman sekarang (kata Joyoboyo "wolak-walike jaman") di mana segala sesuatu bisa terbalik, terkadang anak-anaklah yang menjajah orang tua. Tidak jarang kita melihat anak yang bertingkah seperti raja di rumah, setiap permintaannya harus dituruti atau dia akan marah, membanting-banting kaki, berguling-guling di lantai, melempar apa saja yang di dekatnya. Anak-anak seperti ini merundung orang tuanya. Bagaimana mencegah hal ini supaya tidak terjadi pada diri Anda? Beberapa saran di bawah mungkin dapat Anda manfaatkan.

  • Jangan memanjakan

  • Biasanya anak yang bertingkah polah semena-mena adalah anak yang terlalu dimanjakan orang tuanya. Entah karena dia sakit-sakitan sejak kecil, atau karena anak tunggal, sehingga semua permintaannya dituruti, akibatnya sekali saja ditolak dia akan menjerit-jerit setinggi langit. Perlakukanlah anak yang sakit-sakitan dengan perlakuan yang sama dengan anak-anak lainnya yang sehat. Bukan berarti dia kita harapkan untuk lari dan mengangkat beban berat, namun tetaplah beri dia tanggung jawab sesuai kemampuannya. Begitu pula berilah anak tunggal tanggung jawab untuk membuat dia tidak selalu minta dilayani.

  • Ajarkan untuk menghormati orang tua

  • Anak-anak sejak kecil harus diajar untuk bersikap santun dan mematuhi perkataan orang tua. Bila mereka bersikap kurang ajar, beritahu saat itu juga bahwa tingkah laku mereka tidak pantas dan segera terapkan disiplin. Anda tidak perlu memukul atau menjewer telinganya, suruhlah dia masuk ke kamarnya dan jangan boleh keluar sampai dia menyesal dan minta maaf. Dengan berada di kamar dia tidak bisa bermain video game atau menonton teve. Karena itu sebaiknya jangan menyediakan teve, komputer atau video game di kamarnya, selain mengganggu waktu tidurnya juga membuat orang tua sulit memantau apa yang dia tonton. Sebaiknya sediakan buku-buku cerita yang dapat dia baca ketika dia dihukum.

  • Batasi uang sakunya

  • Mungkin Anda berpikir apa hubungannya uang saku dengan sikap buruk anak-anak terhadap orang tua. Anak-anak yang mempunyai terlalu banyak uang saku sering tidak dapat mengendalikan pengeluarannya. Mereka terbiasa banyak jajan atau membeli barang yang kurang perlu. Pada saat orang tua kekurangan uang, entah karena pemasukan berkurang atau banyak pengeluaran akibat ada anggota keluarga yang sakit atau kebutuhan rumah tangga lainnya, mereka akan merasa dikecewakan dan mungkin marah-marah. Sebaiknya ajarkan mereka menabung dengan membelikan celengan lucu atau dengan mengajaknya ke bank untuk membuka akun tabungan.

  • Advertisement
  • Mengajar melalui teladan

  • Inilah cara mengajar yang paling ampuh. Bila anak-anak melihat betapa orang tuanya selalu menunjukkan sikap hormat kepada siapa pun, terutama terhadap kakek neneknya, mereka akan mencontoh sikap ini. Sulit bagi mereka untuk bersikap hormat bila mereka melihat orang tuanya sering bersikap kasar atau kurang sopan terhadap orang lain.

  • Perhatikan apa yang mereka tonton

  • Teve atau film sering memberikan contoh yang kurang baik, juga video game yang mengandung kekerasan dapat membuat anak-anak cenderung kasar dan kurang peduli kepada sekitarnya. Pilihlah tontonan yang pantas dan singkirkan apa yang kurang pantas untuk ditonton anak-anak. Beritahu mereka bahwa apa yang ditayangkan teve atau film tidak selalu benar.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Orang Tua yang Menderita Perundungan

Tidak jarang kita melihat anak yang bertingkah seperti raja di rumah, setiap permintaannya harus dituruti atau dia akan marah, membanting-banting kaki, melempar apa saja yang di dekatnya. Anak-anak seperti ini merundung orangtuanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr