Segala Sesuatu Boleh Gagal tapi Kasih yang Murni Tidak akan Pernah Gagal

Segala sesuatu boleh gagal, tapi kasih yang murni tidak akan pernah gagal, karena kasih adalah manifestasi daripada keadaan keilahian itu sendiri. Oleh karena itu, setiap dari kita hendaknya memiliki kasih yang murni kepada sesama kita.

2,436 views   |   9 shares
  • "Ketika Anda marah, kecewa, atau merasa hidup sendirian di dunia ini, ingatlah bahwa Tuhan sangat mengasihi setiap dari Anda. Tak seorang pun dari setiap umat-Nya, dibiarkan hidup sendirian menanggung beban yang melebihi kemampuannya. Karena Tuhan itu murah hati dan penuh kasih, maka tak satu pun masalah yang kita hadapi, tidak memiliki jalan keluarnya."

  • Sebagai seorang Kristiani, ada dua hukum yang tidak boleh kami lupakan dalam kehidupan ini, yaitu "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu; dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri". Kedua hukum tersebut harus menjadi fondasi utama dalam kehidupan kami, karena dengan mematuhi kedua hukum tersebut, maka kami dijanjikan akan dapat hidup dengan bahagia di dalam dunia ini.

  • Saudara-saudara, apa pun kepercayaan Anda, di setiap agama yang Anda imani tentunya mengajarkan kepada Anda untuk saling mengasihi satu sama lain. Tetapi, pernahkah Anda dalam kehidupan fana saat ini, merasakan kemarahan kepada teman-teman Anda, kepada atasan Anda, kepada orang tua Anda, kepada saudara Anda, kepada pasangan Anda, atau kepada anak-anak Anda? Saudara-saudara ketahuilah, bahwa kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah, kemarahan hanya akan mendatangkan masalah-masalah baru, namun memiliki kasih yang murni, akan menuntun kita untuk dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang selama ini membelit.

  • Segala sesuatu boleh gagal, tapi kasih yang murni tidak akan pernah gagal, karena kasih adalah manifestasi daripada keadaan keilahian itu sendiri. Oleh karena itu, setiap dari kita hendaknya memiliki kasih yang murni kepada sesama kita.

  • Ada sebuah kisah menarik yang diceritakan oleh seorang penemu terbesar kita abad ini, Albert Einsten. Suatu hari beliau pernah berdebat dengan seorang profesor mengenai apakah Tuhan menciptakan kejahatan? Berikut kutipan percakapannya. "Seorang profesor bertanya kepada para murid yang hadir, apakah Tuhan menciptakan segala sesuatu? Jawab salah seorang murid, tentu saja Dia menciptakan segala sesuatu. Kalau begitu Tuhan juga menciptakan kejahatan ujar si profesor, dan murid itu pun terdiam. Namun, Albert Einstein yang waktu itu juga masih seorang murid menyanggah. Profesor, saya ingin bertanya! Apakah dingin itu ada?, jawab profesor, tentu saja dingin itu ada, pertanyaan macam apa itu?, Anda salah profesor, dingin itu tidak ada, menurut hukum fisika suhu -273C adalah di mana tidak adanya panas, jadi kita menyebut dingin untuk menjelaskan ketiadaan panas sama sekali. Sekarang profesor, apakah gelap itu ada, profesor menjawab, tentu saja gelap itu ada. Anda salah profesor, gelap itu tidak ada, kita menyebut gelap untuk menjelaskan keadaan di mana tidak adanya cahaya, kita bisa mengukur cahaya, tapi kita tidak bisa mengukur gelap. Kemudian Albert bertanya kembali, profesor, apakah kejahatan itu ada?, kali ini dengan bimbang profesor menjawab, tentu saja, kita melihatnya setiap hari terjadi melalui tayangan TV, sekali lagi Anda salah profesor, bahwa kejahatan itu sebenarnya tidak ada, kejahatan ada karena manifestasi tidak adanya kasih Tuhan dalam diri manusia".

  • Advertisement
  • Sekarang, izinkanlah saya bertanya, apakah kasih yang murni itu ada? Setiap dari Anda bisa menjawab dalam hati masing-masing, apakah kasih yang murni itu ada atau tidak. Sehingga sekarang apa pun alasannya, kita tidak lagi bisa mengatakan bahwa saya tidak bisa mengasihi orang lain karena suatu hal. Kita sebagai makhluk yang dianugerahi oleh Tuhan dengan banyak kemampuan, seharusnya dapat menerapakan kasih yang murni dalam kehidupan kita sehari-hari.

  • Kehidupan kita dirancang oleh Tuhan semesta alam sedemikian rupa, sebagai tempat bagi kita umat manusia untuk bisa belajar serta mengembangkan banyak dari kemampuan kita. Salah satunya, kembangkanlah kemampuan Anda untuk bisa mengasihi orang lain secara tulus. Tidak ada hal lain yang lebih membahagiakan, daripada memiliki kasih yang murni kepada teman-teman kita, atasan kita, orang tua kita, saudara-saudara kita, pasangan kita dan anak serta cucu kita. Kehidupan di dunia ini akan jauh dari konflik pertikaian, seandainya saja setiap orang bisa memiliki kasih yang murni kepada sesamanya. Perbedaan akan sirna, permusuhan akan berhenti, dan dunia ini akan menjadi tempat tinggal kita yang jauh lebih baik.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Segala Sesuatu Boleh Gagal tapi Kasih yang Murni Tidak akan Pernah Gagal

Segala sesuatu boleh gagal, tapi kasih yang murni tidak akan pernah gagal, karena kasih adalah manifestasi daripada keadaan keilahian itu sendiri. Oleh karena itu, setiap dari kita hendaknya memiliki kasih yang murni kepada sesama kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr