Rasa Percaya

Rasa percaya adalah dasar utama dari hubungan kita dengan siapa saja. Bila rasa percaya itu terkikis atau hilang, runtuhlah hubungan yang sudah kita jalin, tidak peduli betapa eratnya.

4,133 views   |   7 shares
  • Rasa percaya adalah dasar utama dari hubungan kita dengan siapa saja. Bila rasa percaya itu terkikis atau hilang, runtuhlah hubungan yang sudah kita jalin, tidak peduli betapa eratnya. Bagaikan rumah, rasa percaya adalah pondasinya, bila pondasi itu goyah atau aus, dapat dipastikan rumahnya akan rubuh. Dalam rumah tangga maupun dalam dunia bisnis rasa percaya harus dipupuk terus menerus jika kita menginginkan hubungan kita langgeng. Bagaimana mempertahankan rasa percaya? Di bawah ini ada beberapa saran yang dapat Anda terapkan dalam hubungan Anda dengan siapa saja.

  • Rasa percaya kepada pasangan kita

  • Nah, ini yang gawat kalau sampai hilang. Kalau Anda sudah mulai tidak dipercaya oleh pasangan Anda, rumah tangga Anda ada dalam keadaan genting. Sebaiknya Anda selalu terbuka dalam urusan apa pun. Komunikasi adalah salah satu jalan untuk memupuk rasa percaya ini. Bila Anda perlu kerja lembur, beritahulah pasangan Anda sebelumnya atau segera sesudah Anda mengetahuinya. Bila Anda memakai uang agak berlebihan sebaiknya berterus terang dan berjanji untuk lebih berhati-hati lain kali. Hal-hal kecil seperti ini bila dilalaikan akan mengikis rasa percaya pasangan Anda dan berakibat gawat. Bersikaplah peka terhadap perasaan pasangan Anda, jangan karena Anda sudah lama berumah tangga Anda mengira pasangan Anda pasti mengerti apa yang Anda lakukan.

  • Rasa percaya kepada anak

  • Anak yang masih kecil menaruh rasa percaya 100% kepada orang tuanya. Dia percaya mereka akan menjaga dan melindunginya. Begitu mereka menginjak usia remaja Anda harus memiliki rasa percaya kepada anak-anak Anda. Dalam usia yang labil ini dia memerlukan rasa percaya Anda, karena bila Anda terlalu mengekangnya, dia akan berusaha berontak. Bila sejak kecil Anda sudah menanamkan ajaran yang baik dalam dirinya, percayalah dia akan mengingat ajaran itu dan menjaga kepercayaan Anda. Selebihnya perhatikan teman-teman sepergaulannya, biarkan mereka bermain di rumah Anda sehingga Anda dapat mengenal mereka.

  • Rasa percaya kepada teman

  • Jangan sampai teman kita merasa ditikam dari belakang karena tanpa sengaja kita kelepasan berbicara tentang dia kepada teman lainnya. Jagalah mulut Anda, tidak ada orang yang mau menyebut seseorang lain teman jika dia merasa orang itu suka membusuk-busukkan dirinya. Juga jangan sampai Anda sering melanggar janji yang sudah diucapkan, karena ini juga membuat dia hilang kepercayaan.

  • Rasa percaya kepada rekan bisnis

  • Tidak ada yang lebih penting daripada kejujuran untuk menjaga kelanggengan hubungan Anda.

  • Advertisement
  • Rasa percaya kepada Allah

  • Sebagai manusia kita sering merasa rapuh, sendiri dan depresi bila kita tidak mempunyai pegangan agama dan iman yang kuat. Pada waktu semua orang lain tidak mampu membantu kita, satu-satunya sandaran kita adalah Pencipta kita. Untuk itu kita perlu memupuk rasa percaya kepada-Nya. Percaya bahwa apa pun yang terjadi Dia tidak akan meninggalkan kita. Namun sebagai manusia, pada saat menghadapi kesengsaraan seringkali iman kita goyah dan bertanya "Mengapa ini harus terjadi kepada saya?" Di sinilah rasa percaya kita diuji. Jika kita sudah kehilangan rasa percaya kita, kita akan benar-benar sendirian. Rasa percaya kepada Allah harus dipupuk, seperti juga segala hal di dunia ini harus dipelihara. Kita memelihara kebun kita supaya tetap rapi dan tanaman tidak mati. Dulu ketika saya belum memahami ini, saya pernah memiliki rumput Jepang di halaman depan rumah saya. Saya senang melihat rumput yang halus itu di pelataran rumah orang lain. Tetapi ternyata rumput Jepang tidaklah selalu pendek dan halus, rumput itu dapat tumbuh panjang bila tidak dipotong. Untuk memeliharanya supaya tetap bagus, kita harus rajin-rajin memotongnya. Demikian pula bila kita tidak pernah berdoa, membaca kitab suci dan rajin mengunjungi rumah ibadat, dapat dipastikan kepercayaan kita kepada-Nya akan luntur.

  • Dari sini kita menarik kesimpulan bahwa kejujuran, komunikasi, rasa percaya itu sendiri serta pemeliharaannya akan memupuk rasa percaya orang lain kepada Anda dan sebaliknya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Rasa Percaya

Rasa percaya adalah dasar utama dari hubungan kita dengan siapa saja. Bila rasa percaya itu terkikis atau hilang, runtuhlah hubungan yang sudah kita jalin, tidak peduli betapa eratnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr