Bagaimana Memutuskan Siapa Saja yang Hadir dalam Proses Persalinan Anda

Tujuan setiap orang di dalam ruangan persalinan harusnya adalah membantu Anda untuk merasa nyaman, rileks, dan percaya diri sehingga Anda bisa dan akan mengalami proses persalinan yang indah dan menakjubkan.

677 views   |   shares
  • Ada begitu banyak keputusan untuk dibuat saat mempersiapkan kelahiran anak Anda. Salah satu keputusan yang tidak boleh dianggap remeh atau dikesampingkan adalah mengundang orang lain ke dalam ruangan persalinan Anda.

  • Siapa saja yang boleh hadir?

  • Sebelum membuat keputusan ini ada beberapa pertimbangan dasar yang harus diperhitngkan. Jika ini bukanlah persalinan pertama Anda, Anda memiliki ide apa yang Anda harapkan selama proses persalinan. Tetapi orang-orang yang Anda pilih untuk bersama dengan Anda mungkin tidak memiliki pengalaman melahirkan. Inilah beberapa hal yang harus dipikirkan, dibahas bersama pasangan Anda, dan kemudian membahas dengan setiap orang yang Anda inginkan berada di dalam ruangan.

  • Persalinan bukanlah tontonan olahraga

  • Dr. Jonathan Hulme – seorang dokter kandungan yang telah berpraktek di Houston, Texas selama hampir tiga puluh tahun – mengatakan bahwa lebih dari empat orang berada di dalam ruangan, selain si ibu dan bayi yang baru dilahirkan, bisa menjadi gangguan. "Area utama dan yang paling penting untuk fokus adalah melahirkan bayinya dan kemudian ikatan dengan si jabang bayi." Dia mensarankan ayah si bayi dan kemudian – dalam urutan kepentingan – ibu si wanita yang melahirkan, saudara perempuannya, ayahnya, mertuanya, atau teman-teman dekatnya.

  • Apakah Anda akan merasa nyaman dengan orang-orang ini?

  • Ingatlah, mereka di ruangan persalinan akan:

    1. Memperhatikan bagian kewanitaan Anda, menyaksikan saat Anda kehilangan kendali fungsi tubuh dan bisa saja kehilangan kendali kejiwaan dan mulai berteriak kepada mereka. Akankan Anda tetap memiliki hubungan yang baik dengan mereka setelah ini?
    2. Perlu menjadi perantara Anda dengan juru rawat dan dokter. Apakah mereka telah siap untuk menjadi berani dan mengambil resiko untuk berjuang bagi kebutuhan dan keinginan Anda?
    3. Perlu bisa menghadirkan ketenangan. Ini akan menjadi pengalaman yang indah tetapi harus dengan sungguh-sungguh. Orang-orang yang menemani Anda harus mampu untuk menangani keseluruhan proses tanpa menyulitkan diri mereka sendiri.
  • Apakah orang ini ingin berada di dalam ruangan persalinan bersama dengan Anda?

  • Orang-orang ini haruslah yang tidak akan takut terhadap darah dan kemungkinan histeris dari si ibu yang melahirkan. Apakah mereka mampu untuk menangani intensitas yang diakibatkan oleh persalinan? Seperti yang diutarakan oleh Dr. Hulme, rumah sakit tidak menginginkan adanya pasien ketiga di dalam ruangan, seseorang yang pingsan dan kemudian harus merawat si ibu yang baru melahirkan dan jabang bayinya.

  • Advertisement
  • Akankah orang-orang tersebut menuruti permintaan Anda?

  • Orang-orang ini perlu untuk mengingat mengapa mereka berada di sana. Tidak biasa bagi seseorang untuk menyaksikan persalinan (ibu wanita yang melahirkan, ibu mertua, atau suami) untuk mendorong si ibu agar tidak sampai mendapatkan suntikan epidural dalam membantu proses persalinannya. Dr. Hulme memiliki pendapat yang kuat mengenai hal ini. "Apakah dia memilih untuk mendapatkan suntikan epidural haruslah menjadi keputusannya, bukan dipengaruhi oleh orang lain, sejak dia mengalami rasa sakit selama proses persalinan." Dan memaksa si ibu untuk kontra produktif seharusnya tidak boleh terjadi.

  • Selalulah ingat bahwa fokus dan prioritas sesungguhnya adalah si ibu dan bayi yang baru dilahirkan, kemudian si ayah jika dia hadir. Mereka adalah pribadi yang paling penting di dalam ruangan persalinan.

  • Tujuan setiap orang di dalam ruangan persalinan harusnya adalah membantu Anda untuk merasa nyaman, rileks, dan percaya diri sehingga Anda bisa dan akan mengalami proses persalinan yang indah dan menakjubkan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "How to decide who is present for your labor" karya Ramona Siddoway.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Bagaimana Memutuskan Siapa Saja yang Hadir dalam Proses Persalinan Anda

Tujuan setiap orang di dalam ruangan persalinan harusnya adalah membantu Anda untuk merasa nyaman, rileks, dan percaya diri sehingga Anda bisa dan akan mengalami proses persalinan yang indah dan menakjubkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr