3 Cara Positif untuk Membantu Anak Anda yang Suka Melamun

Ketika anak Anda memahami mengapa Anda peduli dan itu bukan hanya tentang melamun saja tetapi juga situasi dan waktunya, mereka akan memiliki motivasi yang lebih baik untuk mengatasinya.

19,176 views   |   17 shares
  • Melamun adalah bagian alami pada anak-anak. Pahlawan super, putri raja, cerita dongeng, dan teman khayalan adalah bagian dari dunia di mana anak-anak Anda tinggal. Kuncinya adalah bagaimana dan kapan melamun mengambil peranan penting dan bagaimana belajar untuk membantu anak-anak Anda mengatasi perbedaan antara fantasi dan kenyataan, serta mengajarkan mereka cara-cara yang positif untuk mengatasi melamun dan gangguan-gangguan lainnya.

  • Berikut adalah beberapa cara positif yang Anda bisa gunakan untuk membantu anak-anak Anda yang suka melamun:

  • Rencanakan kegiatan yang menghibur anak Anda. Anak-anak cenderung untuk melamun saat mereka memiliki sedikit struktur atau permainan yang direncanakan. Anda bisa membantu mengurangi jumlah melamun dengan mendorong anak Anda untuk bermain. Permainan yang imajinatif adalah sangat penting. Meskipun Anda mungkin tidak tertarik untuk melamun, beberapa topik tentang melamun bisa menjadi sangat bermanfaat untuk anak Anda. Biarkan anak Anda berpakaian layaknya putri raja atau pahlawan super dan ikutlah bermain pahlawan super dan putri raja bersama mereka. Cara ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreatifitas mereka tapi juga memberikan Anda kesempatan untuk memperkuat gagasan bahwa karakter-karakter ini yang Anda perankan, hanyalah khayalan. Sangat menyenangkan untuk bermain dan berdandan, tapi ada tempat dan waktu tersendiri untuk kegiatan tersebut. Dengan memiliki waktu bermain, waktu belajar, dan kegiatan rutin lainnya yang berstruktur adalah cara terbaik untuk merangkul imajinasi anak-anak Anda sementara menetapkan batas-batas untuk dikelola.

  • Carilah tempat atau cara untuk mengekspresikan kreatifitas anak-anak Anda. Sebagai tambahan untuk merencanakan bermain struktur imajiner yang baik, Anda harus mempertimbangkan cara baru dan menyenangkan agar memungkinkan anak Anda menjadi kreatif. Anda bisa mendorong kreatifitas saat bekerja dengan orang lain. Perhatikan pada sekolahan-sekolahan di mana Anda tinggal, tempat-tempat rekreasi, dan jaringan sosial untuk menentukan kesempatan kreatif apa yang ada di daerah Anda. Itu termasuk kelas-kelas drama, kelas-kelas seni untuk anak-anak, kelompok bermain, laboratorium ilmu pengetahuan, klub membaca, dan banyak lagi. Kuncinya adalah untuk mengambil minat anak Anda saat menampilkan dan mengubahnya ke dalam ruang untuk berekpresi. Jika anak Anda belajar untuk mengekpresikan kreatifitasnya dalam bentuk kelas seni atau drama dia akan menemukan perlunya kebiasaan melamun untuk dikurangi. Dia tidak hanya akan memiliki kesempatan untuk menggunakan kreatifitasnya, dia akan bertemu dengan orang lain dengan ketertarikan yang sama, akan menerima arahan petunjuk, dan menemukan cara untuk mengisi waktu mereka.

  • Advertisement
  • Akhirnya, jika Anda memperhatikan bahwa melamun bisa menjadi sebuh masalah untuk anak Anda, hal ini mengganggu mereka di sekolah atau selama proses pembelajaran penting lainnya, keluarga, atau waktu interaktif, Anda harus mempertimbangkan bekerja dengan anak Anda dalam rencana mengubah tingkah laku. Hal ini meliputi berbicara kepada anak Anda tentang kebiasaan melamun mereka, membahas mengapa hal tersebut tidak baik selama situasi yang khusus, dan membuat sebuah rencana yang Anda berdua bisa setujui dalam usaha membuat perubahan. Ketika anak Anda memahami mengapa Anda peduli dan itu bukan hanya tentang melamun saja tetapi juga situasi dan waktunya, mereka akan memiliki motivasi yang lebih baik untuk mengatasinya. Ketika sedang bekerja bersama anak Anda, Anda harus menetapkan tujuan dan memberikan imbalan kepada anak Anda ketika anak Anda tetap fokus dan mengatasi sendiri kebiasaan melamunnya.

  • Apakah Anda memutuskan untuk membuat tempat baru bagi kreatifitas anak-anak Anda atau hanya sekedar bekerja pada pengendalian perilaku, kuncinya ketika menanggani kebiasaan melamun sebagai sebuah keprihatinan adalah dengan membuatnya sebagai sebuah percakapan yang positif, sebuah perubahan yang berorientasi pada tujuan, dan sesuatu yang mereka ingin lakukan bukan karena terpaksa untuk melakukan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "3 positive ways to help your daydreaming child" karya Lynn Scoresby.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

3 Cara Positif untuk Membantu Anak Anda yang Suka Melamun

Ketika anak Anda memahami mengapa Anda peduli dan itu bukan hanya tentang melamun saja tetapi juga situasi dan waktunya, mereka akan memiliki motivasi yang lebih baik untuk mengatasinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr