Makanan yang Sehat namun Lezat

Ada banyak lagi makanan yang rasanya kurang nikmat namun terpaksa kita santap demi alasan kesehatan. Bagaimana memadukan kedua hal ini?

2,405 views   |   shares
  • Anda pasti pernah makan power bar alias batangan coklat/kacang yang konon mengandung protein tinggi. Rasanya tentu jauh dibandingkan dengan coklat sesungguhnya, tetapi banyak orang yang ingin mengurangi berat badan atau ingin sehat menjadikan power bar sebagai sarapan pengganti nasi uduk yang jelas lebih lezat. Ada banyak lagi makanan yang rasanya kurang nikmat namun terpaksa kita santap demi alasan kesehatan. Bagaimana memadukan kedua hal ini? Di bawah ada beberapa saran untuk menyajikan makanan yang sehat namun lezat.

  • Sayur-mayur

  • Negeri kita yang subur memiliki banyak sayur-mayur yang dapat kita olah dengan kreatif. Wortel, taoge dan kubis dapat kita campur dengan terigu dan kita goreng menjadi bakwan. Belum lagi sup, sayur asem, lodeh, gado-gado dan banyak lainnya. Saya ingat dulu pembantu saya paling menggemari sambal dan di kebun depan rumah kami ada pohon pepaya. Pohon itu hampir tidak sempat tumbuh daunnya karena selalu dijadikan lalap oleh pembantu saya. Seperti orang Sunda kita juga dapat menikmati sayuran segar sebagai lalap untuk dimakan bersama ikan panggang.

  • Biji-bijian

  • Nasi boleh dimakan secukupnya bukan sebanyak-banyaknya. Nasi merah lebih sehat karena mengandung lebih banyak serat daripada nasi putih. Namun jangan mengganti nasi putih dengan nasi merah secara mendadak karena akan mengganggu pencernaan Anda yang belum terbiasa makan banyak serat. Yang terbaik ialah menambahkan nasi merah ke nasi putih secara bertahap. Sesudah perut Anda menyesuaikan diri, Anda dapat makan nasi merah tanpa nasi putih. Bulgur juga merupakan makanan sehat, walaupun dulu ketika pemerintah menganjurkan makan bulgur karena beras mahal kita merasa seperti kuda. Biji kedelai dapat kita rendam semalaman untuk kita blender dan dimasak dengan air. Sesudah ampasnya kita saring kita memperoleh susu kedelai. Bahkan ampasnya masih dapat kita olah dengan menambahkan bumbu-bumbu dan daun bawang untuk dijadikan perkedel. Salah satu produk dari kedelai ialah tahu dan tempe, keduanya merupakan makanan sehat yang banyak dianjurkan dokter untuk mengurangi darah tinggi. Havermout atau oatmeal adalah makanan pencegah sakit jantung yang dapat kita santap di pagi hari.

  • Bumbu-bumbu

  • Jangan memakai terlalu banyak garam untuk menghindari darah tinggi. Manfaatkan bumbu-bumbu yang ada di sekitar kita. Daun salam, laos, kunyit, serai, daun jeruk, pandan, cengkeh, pala, ketumbar, jinten, bawang merah maupun putih, semua itu memberi rasa sedap bagi masakan kita. Tahukah Anda bahwa kayu manis berkhasiat mengendalikan gula darah? Anda dapat menggunakan bubuk kayu manis yang dicampur sedikit gula untuk menaburi roti panggang Anda yang sudah dioles mentega.

  • Advertisement
  • Telur, susu dan ikan

  • Ketiganya mengandung banyak protein, karena itu sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Ikan sebaiknya jangan digoreng, melainkan dipanggang atau dipepes. Dengan menambahkan bumbu, rempah dan sayur seperti tomat, daun singkong dan cabai (kalau Anda suka pedas), jadilah ikan Anda pepes yang rasanya aduhai. Dadar telur dapat menjadi makanan pagi yang lezat. Sesudah telur dikocok tuang ke atas wajan kecil yang sudah dioles mentega. Di atasnya kita tambah dengan tomat yang dipotong kecil-kecil, keju, jamur, atau apa saja yang Anda suka.

  • Penulis: Irma Shalimar

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Makanan yang Sehat namun Lezat

Ada banyak lagi makanan yang rasanya kurang nikmat namun terpaksa kita santap demi alasan kesehatan. Bagaimana memadukan kedua hal ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr