Gantungkan Cita-Cita Anda Setinggi Bintang

Presiden pertama negara kita, Bung Karno, menganjurkan "Gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit." Sungguh benar anjuran ini untuk memajukan negara. Anak-anak muda mempunyai masa depan yang luas terbentang di hadapannya.

6,131 views   |   6 shares
  • Presiden pertama negara kita, Bung Karno, menganjurkan "Gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit." Sungguh benar anjuran ini untuk memajukan negara. Anak-anak muda mempunyai masa depan yang luas terbentang di hadapannya. Mungkin orang yang skeptis akan berkata bahwa semua itu hanya mimpi bagi orang miskin. Tetapi orang-orang seperti itu seharusnya percaya kepada peribahasa "Di mana ada kemauan, di situ ada jalan." Kalau saja setiap orang mau belajar dengan rajin dan memiliki ambisi yang tinggi pasti ada saja cara untuk meraih cita-citanya, baik itu setinggi pohon kelapa atau setinggi bintang di langit. Di bawah ini ada beberapa saran untuk mencapai cita-cita Anda.

  • Ketahui minat dan bakat Anda

  • Apa yang paling Anda minati, itulah yang seharusnya Anda kerjakan. Biasanya minat seiring dengan bakat. Saya tidak berbakat memainkan alat musik atau menyanyi. Itu terbukti waktu saya kuliah. Saya mengambil kelas piano dan vokal karena saya ingin tahu kemampuan saya. Dalam menyanyi saya masih lumayan, dengan mengerjakan latihan yang ditugaskan dan memilih lagu yang cocok dengan suara saya, saya masih mampu mendapat nilai tertinggi di kelas itu. Di kelas piano saya harus berjuang mati-matian untuk mampu memainkan 40 lagu yang ditugaskan dalam satu semester itu. Bayangkan waktu di kelas SMP saya tidak mampu mengikuti aba-aba untuk berbaris. Setiap guru pendidikan jasmani berteriak "Kiri" dan teman-teman sekelas saya melangkah dengan kaki kiri, saya sendiri melangkah dengan kaki kanan. Apalagi bermain piano yang mengharuskan tangan kanan dan tangan kiri bekerja secara harmonis pada saat yang bersamaan. Untuk satu lagu saya memerlukan waktu satu minggu guna berlatih. Karena itu saya juga tidak berminat main band atau menjadi penyanyi. Sebaliknya saya suka sekali membaca. Dalam waktu satu hari saya bisa selesai membaca satu buku novel berbahasa Inggris. Saya lakukan itu untuk menghemat biaya sewa di perpustakaan di mana saya menjadi anggotanya. Karena itu saya suka menulis dan berharap mengarang buku sendiri kelak. Itulah bintang saya.

  • Kegigihan

  • Inilah salah satu syarat untuk mencapai cita-cita Anda. Sesudah Anda mengetahui apa yang menjadi minat Anda, belajar dan bekerjalah dengan gigih. Jangan kecil hati dalam menghadapi tantangan dan rintangan. Ketika saya kembali kuliah di usia setengah baya, saya tidak pernah absen mengikuti kelas. Tugas apa pun yang diberikan dosen saya kerjakan. Kalau siswa-siswa lain merasa takut menghadapi hari testing, bagi saya itu suatu tantangan yang menarik untuk menguji kemampuan saya. Saya juga harus bekerja untuk membiayai hidup karena saat itu kami tinggal di negeri asing dan dalam keluarga hanya saya yang mempunyai izin kerja, anak-anak juga masih kecil. Beberapa kali saya merasa kecil hati waktu memulai kelas baru, kuatir saya tidak mampu mengikuti, tetapi ternyata semua kekuatiran itu tidak menjadi kenyataan. Saya mampu mencapai nilai tertinggi untuk kebanyakan kelas yang saya ambil. Ketika anak-anak saya lulus sekolah menengah atas, saya juga lulus dengan gelar sarjana.

  • Advertisement
  • Beasiswa

  • Bila kita menunjukkan prestasi di perguruan tinggi, ada saja bea siswa yang bisa kita peroleh. Bagi siswa-siswa yang kurang mampu namun berotak encer dan giat belajar, jalan menuju Roma terbentang luas.

  • Dengan tekad baja, kita akan mampu menanggulangi kesulitan-kesulitan yang menghadang. Hindari godaan teman-teman yang mengajak berpesta pora dan bermalas-malasan. Tempat belajar terbaik adalah perpustakaan, karena di situ dilarang berisik dan tidak ada TV yang mencuri perhatian kita.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Gantungkan Cita-Cita Anda Setinggi Bintang

Presiden pertama negara kita, Bung Karno, menganjurkan "Gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit." Sungguh benar anjuran ini untuk memajukan negara. Anak-anak muda mempunyai masa depan yang luas terbentang di hadapannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr