Menghilangkan Bau Mulut

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap "penyakit" ini sampai seseorang memberitahu mereka. Dan tidak semua orang mau memberitahu orang yang mulutnya bau karena takut menyinggung perasaannya.

88,140 views   |   74 shares
  • Seorang teman kerja saya, gadis cantik berusia duapuluh, ditaksir seorang pemuda tampan yang sama-sama bekerja di mall. Awal mulanya hubungan mereka gencar, saling menelepon, mencari-cari kesempatan buat bertemu, pendeknya seru dah. Eh, tiba-tiba seperti kerupuk yang melempem kena air, hubungan itu putus begitu saja. Karena rasa ingin tahu saya bertanya kepada teman kerja saya mengapa dia tidak lagi tampak bersama-sama si tampan. Jawabnya enteng saja "Mulutnya bau." Sayang sekali hubungan yang semula kelihatan seperti dongeng Disney itu putus begitu saja gara-gara soal sepele.

  • Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap "penyakit" ini sampai seseorang memberitahu mereka. Dan tidak semua orang mau memberitahu orang yang mulutnya bau karena takut menyinggung perasaannya. Sebaiknya keluargalah yang menolong si penderita bau mulut dengan secara halus menyarankan dia memakai obat kumur atau ke dokter gigi. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memerangi bau mulut.

  • Sikat gigi

  • Paling tidak dua kali sehari kita harus sikat gigi, dan bukan saja gigi, tetapi juga lidah, langit-langit, dan sisi mulut. Sisa-sisa makanan membuat bakteri berkembang biak dan menimbulkan bau di mulut. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang floss juga penting karena sikat gigi saja sulit untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

  • Obat kumur

  • Obat kumur dapat membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut. Kita dapat menyediakan obat kumur di tempat kerja untuk dipakai sehabis makan. Ada orang yang rajin menyikat gigi sehabis makan. Paling tidak kita dapat berkumur dengan air untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut.

  • Minum air

  • Mulut yang kering menimbulkan bau, karena itu waktu kita bangun pagi mulut bau karena produksi air ludah berkurang bila kita tidur. Begitu pun puasa mengakibatkan mulut bau. Sebaiknya kita makan sarapan setiap pagi dan minum banyak air.

  • Permen karet

  • Beberapa dokter gigi menganjurkan pasiennya mengunyah permen karet untuk menjaga kebersihan gigi. Namun ada juga yang tidak menganjurkan hal ini bagi pasien yang mempunyai tambalan di mahkota giginya karena kuatir copot. Bila Anda tidak mempunyai masalah ini Anda dapat sesekali mengunyah permen karet untuk menyegarkan napas. Jangan menjadikan ini kebiasaan tanpa henti karena Anda akan tampak seperti sapi yang memamah biak.

  • Pepermin

  • Bila Anda tidak suka permen karet, masih ada permen pedas alias pepermin. Sebetulnya pepermin cuma menutupi bau mulut kita untuk sementara, tetapi ada baiknya juga bila kita masih mengidap mulut bau, paling tidak lawan bicara kita akan mencium bau segar pepermin, bukannya menutup hidung karena bau mulut kita.

  • Advertisement
  • Makanan

  • Saya pernah mempunyai teman kerja yang baik. Saya suka mengobrol dengan dia di saat senggang. Tetapi gara-gara dia saya tidak pernah mau makan jengkol walau sesudah menikah suami saya memperkenalkan saya dengan semur jengkol yang aduhai lezatnya. Selain jengkol negeri kita yang subur makmur ini diberkati banyak makanan lain yang lezat namun mengandung efek yang sama bila dimakan, yaitu petai dan duren. Meskipun Anda tidak menderita penyakit bau mulut tetapi sesudah menikmati makanan-makanan ini sebaiknya Anda langsung sikat gigi sebelum ngobrol dengan orang lain.

  • Bila semua ini sudah Anda kerjakan namun Anda masih mengidap bau mulut, kunjungi dokter gigi Anda dan mintalah nasihat.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menghilangkan Bau Mulut

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap "penyakit" ini sampai seseorang memberitahu mereka. Dan tidak semua orang mau memberitahu orang yang mulutnya bau karena takut menyinggung perasaannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr