5 Asas untuk Mengendalikan Penampilan Remaja

Orang tua sering kuatir bila penampilan remaja mereka berubah secara drastis, mereka mengira anak mereka terjerumus dalam pergaulan yang salah, atau perilaku mereka berubah seiring dengan perubahan gaya mereka berdandan.

1,672 views   |   shares
  • Ada masanya dalam hidup remaja di mana perhatian mereka terpusat pada teman-teman sebayanya. Merasa diterima oleh teman-teman sebayanya adalah lebih penting dari apa pun bagi para remaja dan semua ini terlihat dalam gaya mereka berdandan. Remaja mempunyai gaya tersendiri dan gaya ini seringkali berbeda dari apa yang dipakai, dibeli atau disetujui orang tuanya. Orang tua sering kuatir bila penampilan remaja mereka berubah secara drastis, mereka mengira anak mereka terjerumus dalam pergaulan yang salah, atau perilaku mereka berubah seiring dengan perubahan gaya mereka berdandan. Biasanya ini tidak benar. Mereka sekedar menyatakan individualitas mereka melalui apa yang mereka pakai.

  • Ada remaja yang memilih dandanan mereka hanya untuk tampil berbeda. Misalnya saja gadis yang memberi rambutnya pemutih warna, tanpa peduli bahwa itu hanya untuk rambut pirang, hasilnya rambutnya berwarna jingga. Ketika ibunya tidak bereaksi melihat perubahan ini, dia berusaha menemukan gaya rambut yang drastis. Beberapa kali dia keluar masuk kamar mandi, tapi setiap kali dia bertanya kepada ibunya apa pendapatnya, jawaban yang diperolehnya cuma "Sayang, kalau kamu suka gaya itu, yah ikuti saja. Yang penting kamu senang." Bukan reaksi ini yang diinginkan si remaja pemberontak. Ketika akhirnya dia menemukan gaya yang dikomentari ibunya, "Kamu keluar rumah seperti itu?!?" gaya itu diikutinya sepanjang masa remaja (bahkan sampai awal usia duapuluhan).

  • Jika pilihan gaya baju, tata wajah, dan rambut remaja Anda tidak menyalahi peraturan keluarga Anda, lebih baik Anda tidak melarangnya. Anda dapat menetapkan garis pedoman untuk berpakaian yang pantas bagi kesempatan resmi tetapi untuk selebihnya biarkan remaja Anda menentukan penampilannya asalkan tidak melanggar batas. Batas-batas yang perlu Anda tetapkan adalah:

  • 1. Kebersihan badan

  • Anda hendaknya menekankan agar remaja Anda menjaga kebersihan badan dan rambut mereka. Ada remaja (khususnya mereka yang menderita gangguan perkembangan, seperti autism) yang melawan. Remaja yang seperti ini tidak mengerti pentingnya mandi atau memakai penghilang bau badan.

  • 2. Pakaian harus sopan

  • Jika remaja Anda mempunyai baju yang gambar atau tulisannya menyinggung perasaan orang lain, sebaiknya mereka tidak memakainya (karena melanggar aturan sekolah atau mengganggu orang lain).

  • 3. Jangan memakai pakaian yang minim

  • Para remaja mungkin tidak menyadari bahwa ada pakaian yang dirancang untuk menarik perhatian ke tubuh mereka. Jika mereka memakai pakaian yang minim, hal ini dapat mengundang perilaku yang tidak senonoh, pelecehan atau perundungan.

  • Advertisement
  • 4. Jangan berfoya-foya

  • Walaupun remaja Anda mempunyai uang saku sendiri, sebaiknya dia tidak memakai seluruhnya untuk membeli baju. Hal ini dapat menimbulkan persoalan di kemudian hari.

  • 5. Berpakaian harus sesuai acara

  • Penting untuk mengajarkan (dan menekankan) kode etik berpakaian. Remaja hendaknya tidak ke perayaan ulang tahun kakeknya memakai baju yang dipakainya untuk main bola.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "5 principles to enforce on your teenrsquos appearance" karya Lynn Scoresby.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 Asas untuk Mengendalikan Penampilan Remaja

Orang tua sering kuatir bila penampilan remaja mereka berubah secara drastis, mereka mengira anak mereka terjerumus dalam pergaulan yang salah, atau perilaku mereka berubah seiring dengan perubahan gaya mereka berdandan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr