5 Langkah Membuat Menabung Lebih Mudah

Menabung dapat menjadi tantangan bagi banyak orang. Langkah-langkah ini dapat membantu kita untuk membangun kebiasaan menabung dan mencapai impian kita.

148,112 views   |   357 shares
  • Semua orang pasti menanti-nantikan waktu gajian di akhir atau awal bulan. Belanja, mencoba restoran baru, membeli gadget terkini, atau bertamasya ke luar kota mungkin sudah terbayang-bayang saat gaji hampir masuk ke rekening kita. Namun, bagaimana dengan menabung? Kita semua pasti pernah membayangkan nikmatnya memiliki banyak tabungan dan investasi. Sayangnya, memulai menabung tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena dengan menabung berarti kita harus menunda kegiatan-kegiatan lain yang mungkin tampak jauh lebih menyenangkan.

  • Lima langkah di bawah ini dapat membantu kita untuk mulai menyisihkan gaji dan membuat menabung lebih mudah.

  • Tuliskan impian dan rencana jangka panjang

  • Ambillah selembar kertas dan tuliskan impian serta rencana jangka panjang yang ingin kita capai. Mungkin kita ingin membeli rumah sendiri, menyekolahkan anak ke universitas ternama, atau bertamasya keliling Eropa. Mengetahui apa yang kita inginkan jangka panjang bisa menjadi motivasi kuat yang mendorong kita untuk menabung. Dengan menuliskannya di selembar kertas, kita bisa membacanya kembali saat kita tergoda untuk berhenti menabung.

  • Tetapkan persentase tabungan

  • Banyak orang berpikir bahwa jumlah uang yang kita tabung adalah jumlah uang yang tersisa setelah kita membayar semua tagihan dan biaya hidup kita. Bagaimana jika kita melihat dari sudut pandang yang lain? Kita perlu membayar diri kita sendiri sebelum membayar tagihan-tagihan kita.

  • Membayar diri kita sendiri tersebut kita lakukan dengan menyisihkan persentase tertentu dari gaji untuk ditabung sebelum kita membayar tagihan-tagihan lainnya. Cara ini akan meningkatkan disiplin untuk menabung karena kita menempatkan menabung sebagai prioritas dan kita dapat menyesuaikan gaya hidup sesuai dengan penghasilan yang tersisa setelah tabungan. Langkah ini jelas tidak mudah, namun akan sangat berguna jangka panjang. Kita bisa memulai dengan 10% dan meningkatkan jumlah tersebut dari tahun ke tahun.

  • Bukalah rekening tabungan terpisah

  • Langkah selanjutnya yang dapat membantu kita meningkatkan disiplin dalam menabung adalah dengan membuka rekening tabungan terpisah dari rekening yang kita gunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari. Rekening terpisah dapat mencegah kita dari menggunakan uang tabungan untuk keperluan lainnya. Selain itu, rekening terpisah juga dapat membuat kita lebih bersemangat untuk menabung setelah kita melihat tabungan kita bertambah besar.

  • Untuk rekening tabungan ini, carilah rekening dengan biaya administrasi terendah dan bunga terbaik yang dapat kita temukan.Salah satu pilihan yang menarik adalah rekening TabunganKu (link:http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/C323CBF3-4828-4E2C-8C48-9E0921057CBB/19395/TabunganKUBankUmum.pdf) yang diluncurkan Bank Indonesia dan dapat dibuka di berbagai bank terkemuka di seluruh Indonesia. Produk ini ditujukan untuk menciptakan budaya menabung masyarakat. Rekening ini tidak menarik biaya administrasi bulanan dan biaya-biaya lainnya pun relatif ringan.

  • Advertisement
  • Aturlah transfer otomatis

  • Setelah membuka rekening terpisah, langkah berikutnya adalah kita dapat mengatur transfer otomatis uang yang dialokasikan untuk tabungan dari rekening gaji ke rekening tabungan. Transfer otomatis dapat dilakukan segera setelah kita menerima gaji. Dengan menerapkan cara ini, kita tidak perlu melihat uang tersebut di rekening kita sehingga godaan untuk menggunakan uang tersebut akan berkurang.

  • Tinggalkan kartu ATM di rumah

  • Kartu ATM mungkin merupakan salah satu fasilitas dari rekening tabungan terpisah kita. Jangan bawa kartu ATM tersebut di dalam dompet. Tinggalkan kartu di rumah atau di tempat aman lainnya. Ini bukan berarti kita tidak boleh menggunakan uang tersebut sama sekali. Namun, akses yang sulit mencegah kita dari menggunakannya untuk membayar pengeluaran harian atau pembelian impulsif lainnya.

  • Langkah-langkah di atas dapat membantu kita untuk memulai membangun kebiasaan menabung. Seperti peribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit", dengan menabung sebagian dari gaji kita setiap bulan, kita akan dapat mencapai tujuan dan mimpi besar kita. Jadi, mari mulai menabung hari ini!

Baca, hidupkan, bagikan!

Tia Subiantoro is an Indonesian and a senior studying finance at Brigham Young University.

5 Langkah Membuat Menabung Lebih Mudah

Menabung dapat menjadi tantangan bagi banyak orang. Langkah-langkah ini dapat membantu kita untuk membangun kebiasaan menabung dan mencapai impian kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr