Mewujudkan Niat Baik

Apakah Anda sering mempunyai niat baik, namun karena tidak ada waktu atau terlalu sibuk Anda tidak sempat mewujudkannya? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencetuskan niat itu menjadi kenyataan.

2,681 views   |   1 shares
  • Apakah Anda sering mempunyai niat baik, namun karena tidak ada waktu atau terlalu sibuk Anda tidak sempat mewujudkannya? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencetuskan niat itu menjadi kenyataan.

  • Waktu

  • Tidak ada waktu, inilah yang sering menjadi penghalang utama niat baik kita. Tapi sebetulnya yang menjadi masalah adalah prioritas. Kalau Anda mempunyai waktu untuk nonton teve, berarti Anda mempunyai waktu untuk hal lain. Seorang ibu yang mempunyai tiga anak kecil mungkin tidak mempunyai waktu untuk dirinya sendiri. Namun bisa saja dia meminta bantuan suami atau kerabat dekat guna mencetuskan niat baiknya. Misalnya dia mempunyai sahabat dekat yang sedang sakit kanker dan dia ingin sekali menengoknya untuk menunjukkan perhatiannya. Bila dia menunda niatnya ini karena tidak ada waktu, siapa tahu sahabatnya meninggal sebelum dia sempat menjenguk? Betapapun sempitnya waktu Anda luangkan sedikit waktu untuk hal-hal seperti ini.

  • Uang

  • Setiap orang selalu perlu uang, entah untuk keperluan anak sekolah, atau mobil rusak atau orang tua sakit. Berapapun penghasilan Anda pasti tidak pernah terasa cukup karena yang terpenting bukanlah pemasukan melainkan pengeluaran. Anda berniat baik menyumbang sebuah panti asuhan menjelang hari Lebaran supaya anak-anak yatim dapat menikmati hari besar itu. Namun justru menjelang Lebaran pengeluaran Anda lebih besar karena si sulung perlu sepatu baru dan si bungsu ingin hadiah video game. Belum lagi urusan dapur, istri Anda ingin menghidangkan makanan yang agak istimewa menyambut hari raya ini. Lalu apakah Anda harus melupakan niat baik Anda demi keluarga? Mungkin di sini Anda perlu mengadakan rapat keluarga, mengajarkan dan menekankan pentingnya beramal dan bukan mementingkan diri sendiri. Mintalah anak-anak menabung sebagian uang sakunya atau menghemat pengeluaran keluarga dengan minum air yang direbus sendiri dan bukan membeli air botolan.

  • Tekad

  • Tanpa ini Anda mungkin tidak pernah akan mewujudkan niat baik Anda. Anda hanya menyimpannya di balik pikiran Anda dan Anda menundanya entah sampai kapan. "Suatu hari nanti," kata Anda, namun hari itu tidak pernah tiba. Katakanlah Anda mempunyai niat baik untuk menjadi relawan di tempat yang ditimpa bencana alam. Tetapi Anda merasa agak kurang sehat (alias malas) untuk melakukannya ketika daerah di dekat tempat tinggal Anda dilanda bencana alam. Apakah Anda akan menunggu sampai datang lagi gempa atau gunung meletus sebelum Anda mewujudkan niat baik Anda?

  • Advertisement
  • Harapan

  • Mempunyai niat baik adalah sesuatu yang baik. Itu berarti Anda memikirkan orang lain, memberi harapan bagi masa depan umat manusia pada umumnya. Namun apakah lingkungan Anda akan menjadi lebih baik bila niat itu cuma ada di dalam hati Anda dan tidak diwujudkan menjadi kenyataan? Misalnya Anda berniat untuk mengajar anak Anda berenang, tetapi Anda terlalu sibuk bekerja dan sesampai di rumah Anda merasa capai serta lebih senang duduk menonton teve. Apakah hanya dengan niat belaka anak Anda jadi pandai berenang? Tentu saja tidak. Anda harus melawan keengganan Anda dan mengajak anak Anda ke kolam renang, melatih dia paling tidak seminggu sekali sebelum dia akhirnya pandai berenang. Begitu juga niat baik memberi harapan kepada umat manusia, tetapi kerja keras Anda dituntut untuk menjadikan harapan itu kenyataan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mewujudkan Niat Baik

Apakah Anda sering mempunyai niat baik, namun karena tidak ada waktu atau terlalu sibuk Anda tidak sempat mewujudkannya? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencetuskan niat itu menjadi kenyataan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr