Bila Anda Mulai Pelupa

Kejadian ini sering dialami oleh pasangan yang sudah mulai ada umur. Yang lebih gawat kalau orang yang bersangkutan tidak menyadari bahwa dia pelupa dan bersikeras dengan pasangannya bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang sebenarnya dia lakukan.

5,539 views   |   5 shares
  • "Bu di mana kacamataku?" Si istri tertawa terpingkal-pingkal sampai tidak mampu menjawab pertanyaan suaminya. "Gimana sih ibu ini, ditanya kacamata kok malah tertawa saja, aku kan perlu membaca koran hari ini," gerutu suaminya. "Ya, ampun, Pak, udah pikun benar Bapak, kacamata di atas kepala kok dicari-cari." Kejadian ini sering dialami oleh pasangan yang sudah mulai ada umur. Yang lebih gawat kalau orang yang bersangkutan tidak menyadari bahwa dia pelupa dan bersikeras dengan pasangannya bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang sebenarnya dia lakukan. Hal ini dapat menimbulkan pertengkaran kecil yang bisa berlarut-larut dan menjadi ketegangan yang meruncing. Bagaimana ini dapat dicegah supaya rumah tangga aman dan damai? Di bawah ada beberapa saran untuk membantu mengingat beberapa hal.

  • Nama orang

  • Bila Anda baru berkenalan dengan seseorang gunakan namanya dalam percakapan sesering mungkin. Ingatlah orang lain yang Anda kenal baik yang mempunyai nama sama. Kaitkan nama itu dengan sesuatu yang terlintas di benak Anda. Saya mempunyai kenalan bernama Femi, supaya ingat saya hubungkan namanya dengan majalah Femina.

  • Di mana Anda menaruh sesuatu

  • Selalu taruhlah benda-benda yang sering Anda pakai seperti kunci, kacamata, di tempat yang sama. Buatlah gantungan kunci di dekat pintu masuk, gantungkan kunci rumah, kunci gudang, kunci mobil dan segala kunci lainnya di situ. Untuk barang-barang lain, ketika Anda menaruhnya, lihat serta perhatikan tempat itu, jangan hanya melemparkan barang ke situ, kalau perlu sebutlah tempat itu dengan suara lantang sehingga Anda dapat mengingatnya.

  • Apa yang dikatakan orang

  • Mintalah orang itu mengulang apa yang dikatakannya. Mohon agar dia berbicara dengan perlahan sehingga Anda dapat berkonsentrasi. Ulang apa yang dikatakan orang itu dan pikirkan apa maknanya. Bila penjelasannya panjang dan agak rumit, seperti nasihat dokter misalnya, pakailah rekaman atau catatlah di kertas.

  • Membuat janji

  • Catatlah di agenda atau kalender di dinding yang Anda lihat setiap hari. Ponsel Anda dapat diprogram kalendernya untuk mengingatkan janji-janji yang Anda buat.

  • Tugas yang harus Anda kerjakan

  • Catatlah di buku agenda atau kertas dan taruh di tempat yang mudah Anda lihat, seperti di kulkas atau di pintu. Mintalah orang-orang terdekat untuk mengingatkan Anda. Letakkan suatu benda yang ada kaitannya dengan tugas itu di tempat yang mudah dilihat di rumah. Misalnya Anda perlu membeli tiket suatu pagelaran, taruhlah brosurnya di dekat telpon. Jika Anda harus melakukan sesuatu pada jam tertentu, pasanglah alarm.

  • Advertisement
  • Seringlah melatih otak Anda

  • Bila otak tidak kita pakai secara rutin sel-selnya akan mati dan mengalami kemunduran. Untuk mencegah terjadinya hal ini Anda sebaiknya sering membaca, mengisi teka-teki silang, sudoku sehingga otak terlatih. Anda juga dapat menolong orang lain untuk memiliki ingatan lebih tajam. Berilah orang itu rasa percaya diri, biarkan dia berusaha sendiri karena jika Anda terlalu cepat menolongnya, rasa percaya dirinya tidak akan tumbuh. Orang-orang lanjut usia perlu bantuan mereka yang lebih muda, namun sedapat mungkin menahan diri untuk tidak melakukan apa yang mereka masih dapat lakukan sendiri.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bila Anda Mulai Pelupa

Kejadian ini sering dialami oleh pasangan yang sudah mulai ada umur. Yang lebih gawat kalau orang yang bersangkutan tidak menyadari bahwa dia pelupa dan bersikeras dengan pasangannya bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang sebenarnya dia lakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr