7 Cara untuk Berbicara Mengenai Keintiman dengan Pasangan Anda dan Tetap Menjadi Akrab

Mengapa seks dan keintiman fisik begitu sulit untuk dibicarakan? Sebagai seorang terapis dan pelatih, saya selalu mendengar masalah ini dari para klien saya.

10,246 views   |   3 shares
  • Mengapa seks dan keintiman fisik begitu sulit untuk dibicarakan? Sebagai seorang terapis dan pelatih, saya selalu mendengar masalah ini dari para klien saya. Mereka tahu apa yang ingin dibicarakan dengan pasangan mereka namun tidak tahu caranya untuk membicarakan pikiran, perasaan, rasa frustasi atau saran yang mereka miliki. Tampaknya lebih mudah untuk menghindari topik itu daripada membicarakannya. Sayangnya, kurang komunikasi ini menuntun pada rasa sakit hati dan kesalahpahaman bagi banyak pasangan. Berikut adalah tujuh saran untuk membantu Anda memulai pembicaraan―dan masih akrab sampai akhir pembicaraan.

  • 1. Pemilihan waktu adalah segalanya

  • Kita tidak dapat lebih menekankan ini. Mengadakan pembicaraan mengenai keintiman dalam hubungan tidak seperti berbicara mengenai warna apa yang Anda inginkan untuk kamar Anda—khususnya jika Anda awam dengan pembicaraan semacam ini. Para wanita, beritahu pria Anda bahwa Anda ingin berbicara dengan dia mengenai sesuatu yang penting dan bahwa itu hanya akan memakan waktu 10 menit. Selanjutnya berikan dia kesempatan untuk memutuskan kapan pembicaraan itu terjadi. Itu akan menjadi lebih mudah jika Anda bukan yang menentukan waktunya. Para pria, jangan coba dan memulai pembicaraan saat wanita Anda bermain dengan anak-anak, lelah setelah hari yang repot atau sesaat sebelum Anda menjadi intim. Ajak dia jalan atau naik mobil di mana dia dapat memberikan perhatian penuh kepada Anda.

  • 2. Jadilah jujur kepada diri Anda sendiri dulu

  • Sebelum Anda mencoba mulai pembicaraan ini, luangkan waktu untuk menentukan motif pribadi Anda dalam melakukan pembicaraan ini. Apa harapan Anda? Apakah Anda mencari pelampiasan dan orang untuk disalahkan? Berbagi ide? Mengungkapkan ketidakpuasan Anda? Apakah Anda mencari perubahan sebagai hasil dari pembicaraan Anda? Adalah penting untuk memahami alasan tersembunyi Anda dan membicarakan itu sebelumnya dengan pasangan Anda sehingga percakapan itu produktif dan akan mendekatkan Anda berdua, bukan malah menjauhkan.

  • 3. Jadilah pendengar yang baik

  • Karena pembicaraan ini dapat menjadi agak mengintimidasi, maka mungkin akan tergoda untuk melontarkan pertanyaan seperti, “Jadi, apa pendapatmu mengenai keintiman kita?” dan menerima jawaban seperti, “Baik.” Lalu Anda berpikir, “Baiklah, itu mudah,”dan Anda beralih ke topik lain. Tetapi, apakah itu informasi yang Anda cari? Cobalah untuk menggali sedikit lebih dalam dengan menanyakan apa yang pasangan Anda maksudkan dengan mengatakan “baik”. Cobalah untuk meminta dia untuk memberitahu Anda hal yang spesifik yang dia sukai mengenai keintiman hubungan Anda. Anda mungkin terkejut dengan pendapat yang mulai keluar dengan sedikit dorongan.

  • Advertisement
  • 4. Buatlah roti lapis yang enak

  • Dengan kata lain, mulailah pembicaraan Anda dengan menunjukkan apa yang berjalan baik di dalam hubungan Anda―apa pun. Jika itu mengenai bagaimana Anda menyukai wangi dari pasangan Anda, dan mengenai itulah, mulai dengan itu. Inilah pasangan Anda, seseorang yang pantas menerima cinta dan rasa hormat Anda. Pasangan Anda akan menjadi lebih bersedia mendengarkan apa yang Anda katakan jika dia merasa Anda peduli akan perasaannya dan hubungan Anda berdua. Akhiri pembicaraan dengan catatan positif, yang menciptakan “roti lapis yang enak” dengan dua hal yang baik di awal dan akhir pembicaraan.

  • 5. Sedikit sentuhan dapat sangat membantu

  • Jika Anda akan membicarakan ini sewaktu di dalam mobil, berpegangan tangan, bersentuhan lutut atau apa pun yang membuat Anda berdua nyaman. Sedikit sentuhan akan memberitahu pasangan Anda bahwa Anda tulus berperan serta dalam percakapan sebagaimana itu juga membantu Anda merasa terhubung selama pembahasan yang rentan.

  • 6. Jangan melantur ke daerah lain

  • Jika Anda akan berbicara mengenai keintiman, berbicaralah mengenai keintiman. Ini bukanlah waktu untuk mengutarakan keluhan lain seperti masalah keuangan atau giliran siapa yang membuang sampah. Hal-hal itu selalu menggoda, sekali Anda membuka pintu untuk mengeluh untuk bersikap difensif dan menikam pasangan Anda. Coba dan ingatlah alasan Anda memulai pembicaraan alih-alih berusahalah untuk menyelesaikan masalah itu. Simpan topik sampah itu untuk lain waktu. Jika Anda secara konsisten menemukan bahwa Anda tidak mampu untuk mengadakan pembicaraan yang singkat dengan pasangan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapat bantuan dari pelatih atau terapis untuk membantu Anda belajar bagaimana menjadi lebih efektif dalam melakukan pembicaraan.

  • 7. Undanglah kekuatan dari Yang Maha Kuasa untuk membantu Anda

  • Sebelum Anda berbicara dengan pasangan Anda, ambilah beberapa saat untuk benar-benar memusatkan diri Anda dan mintalah kekuatan dari Yang Maha Kuasa. Anda mungkin menerima pencerahan, memiliki hati yang lebih terbuka dan bersedia, dan mampu mendengarkan pasangan Anda tanpa menjadi difensif. Juga, inilah cara untuk menumbuhkan keintiman rohani dalam hubungan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "7 ways to talk about intimacy with your spouse and still be friend" karya Kristin Hodson.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Kristin regularly presents at various universities and to community groups on relationships and perinatal mental health and sexuality as well as finding balance and wellness in everyday living. She has a passion for women’s mental health, human and relational sexuality, spirituality and relationships. Kristin is a wife and mom of two children.

Situs: http://www.thehealinggroup.com

7 Cara untuk Berbicara Mengenai Keintiman dengan Pasangan Anda dan Tetap Menjadi Akrab

Mengapa seks dan keintiman fisik begitu sulit untuk dibicarakan? Sebagai seorang terapis dan pelatih, saya selalu mendengar masalah ini dari para klien saya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr