Pentingnya Berbicara untuk Membina Hubungan Keluarga

Dengan berbicara kita bisa membina jalinan yang lebih erat dengan pasangan hidup kita.

4,823 views   |   shares
  • Pakar perkawinan dan keluarga menyadari bahwa untuk memelihara hubungan yang mesra diperlukan usaha dan waktu. Di bawah ini ada lima petunjuk yang berguna untuk memelihara kemesraan.

  • 1. Bersikaplah manis

  • Kedengarannya terlalu sederhana untuk dibahas, namun hal ini penting sekali bagi kelestarian rumah tangga. Biasanya lebih mudah untuk bersikap sopan terhadap orang yang tidak kita kenal, tapi keadaannya terbalik bila menghadapi orang yang kita kasihi. Berbicara dengan lemah lembut, sopan santun, panjang sabar, hal-hal itu dapat memelihara hubungan batin. Ibu saya pernah lari keluar rumah sewaktu berselisih pendapat dengan ayah saya. Beberapa menit kemudian ayah membawa anak-anak naik mobil menyusul ibu. Dia berhenti di sebelah ibu, membuka jendela dan bertanya sambil mengedipkan mata, "Mau ikut, sayang?" Kesediaannya bersikap manis membuat ibu sadar bahwa hubungan mereka lebih penting daripada pertikaian.

  • 2. Berbicara

  • Utarakanlah pendapat kita. Pasangan kita bukan ahli ramal yang bisa membaca pikiran orang. Berbagilah pikiran dan perasaan. Biarkan pasangan kita tahu kebutuhan dan keinginan kita. Berikan pendapat yang jujur bila perlu. Banyak persoalan dapat dihindari bila kita mau berbicara. Banyak istri yang suka jengkel kepada suaminya karena tidak ingat apa makanan kesukaannya bila mereka pergi makan di luar. Sesudah makin dewasa mereka sadar lebih mudah untuk langsung menyatakan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu mereka bisa menikmati hidangan yang mereka suka dan juga tidak perlu merasa kesal.

  • 3. Berikan dukungan

  • Tidak ada dua orang yang berpikiran sama. Memberikan tanggapan yang membangun, walau pendapat Anda berbeda dengan suami, dapat memelihara perasaan yang positif. Ada teman saya yang selalu tertawa kecil bila suaminya mengemukakan gagasan aneh-aneh yang katanya dapat menghasilkan uang. Sejak awal pernikahan dia belajar berkata "Kedengarannya menarik, mungkin kita perlu mencobanya." Dengan memberi tanggapan positif dia menunjukkan dukungan dan memelihara kedamaian dalam rumah tangganya.

  • 4. Berbicaralah dengan pengertian

  • Dengan pengertian kita dapat menduga perasaan orang. Sayangnya kita tidak selalu memiliki pengertian bagi orang-orang yang paling dekat dengan kita. Bila kita tidak mencoba mengerti perasaan orang-orang yang kita kasihi, kita merusak hubungan kita. Ada teman saya yang menderita kanker, dia menuturkan pengalamannya waktu dia baru selesai menjalani operasi dan sedang menunggu kemoterapi. Katanya, "Keadaan saya benar-benar payah, baik fisik maupun mental." Keluarga dari pihak saya banyak memberi dukungan dan bersikap positif. Sebaliknya keluarga dari pihak suami meremehkan keadaan saya, di belakang saya mereka mengecam cara saya mengatur rumah tangga, bergunjing tentang saya dan tidak peduli tentang kebutuhan saya. Kebalikan dari membantu, mereka gagal untuk mengerti keadaan saya dan tidak menawarkan bantuan. Walaupun kankernya sudah beberapa tahun tidak kembali, teman saya itu tetap merasa tidak suka dengan perlakuan yang dia terima.

  • Advertisement
  • 5. Jangan lupa ngobrol

  • Ngobrol merupakan bagian penting dalam menjalin hubungan. Karena dengan ngobrol kita menyatakan bahwa semuanya baik-baik saja. Sebaliknya bila pasangan enggan ngobrol itu berarti masih ada dendam tersimpan. Ada teman yang berujar, "Sebagai ibu muda saya merasa kesepian dan membutuhkan lawan berbicara yang cerdas dan dewasa. Suami saya selalu capai dan lesu bila pulang kerja, dia cuma butuh suasana tenteram dan sepi. Di meja makan dia sering bungkam seribu bahasa. Begitu kesalnya saya sampai pernah saya mengancam akan makan di kamar tidur saja. Dia sadar, besoknya dia menceritakan lelucon yang dia dengar dari temannya, dan besoknya lagi dia membahas berita di koran. Saya merasa tersentuh karena dia tanggap dan mengerti kekesalan saya dan usahanya itu berarti pengorbanan bagi saya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Relationship Maintainance: Talk is Not Cheap" karya Rebecca Irvine.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pentingnya Berbicara untuk Membina Hubungan Keluarga

Dengan berbicara kita bisa membina jalinan yang lebih erat dengan pasangan hidup kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr