Tatapan Mata

Dalam kehidupan sehari-hari menatap mata orang yang kita ajak berbicara adalah penting. Hal itu menunjukkan bahwa kita memusatkan perhatian kepada lawan bicara kita dan bahwa kita tidak mempunyai sesuatu yang perlu disembunyikan.

4,067 views   |   shares
  • Waktu duduk di sekolah lanjutan pertama saya sering mendengar teman-teman sekelas bercanda mengatakan bahwa seorang teman pria kami bermain mata dengan guru wanita yang masih muda. Karena masih polos saya kurang memahami arti candaan ini, saya mengira teman itu suka mengedipkan mata, tetapi saya tidak pernah melihat guru itu mengedip-ngedipkan mata. Itulah akibatnya masuk sekolah terlalu dini, sebagai murid yang termuda di kelas saya kurang tanggap menghadapi masalah seperti ini. Dalam kehidupan sehari-hari menatap mata orang yang kita ajak berbicara adalah penting. Hal itu menunjukkan bahwa kita memusatkan perhatian kepada lawan bicara kita dan bahwa kita tidak mempunyai sesuatu yang perlu disembunyikan. Mungkin ada perbedaan dalam adat istiadat orang Timur dan Barat. Bagi orang Timur menatap mata atasan ketika berbicara bisa diartikan melawan, tetapi bagi orang Barat tidak menatap lawan berbicara bisa diartikan tidak sopan, kurang perhatian.

  • Dalam wawancara

  • Ketika Anda melamar pekerjaan dan diwawancarai oleh calon bos sebaiknya Anda menatap matanya untuk menunjukkan Anda mempunyai rasa percaya diri yang besar dan sikap terus terang, jujur. Sebaliknya bila Anda menunduk saja, Anda dianggap menyembunyikan sesuatu dan dinilai kurang terampil untuk melaksanakan pekerjaan.

  • Di pengadilan

  • Entah sebagai saksi atau sebagai orang yang dicurigai, jika Anda menunduk saja, Anda akan dianggap bersalah dan memberikan kesaksian yang tidak benar. Bahasa tubuh Anda sangat diperhatikan, dengan menunduk Anda seolah-olah ketakutan rahasia Anda diketahui.

  • Di kelas

  • Bila Anda mengajar dan Anda ingin murid-murid Anda mendengarkan Anda perlu menguasai medan dengan tatapan mata Anda. Sebaliknya bila Anda sering membaca dari buku atau menulis di papan tulis melulu, kelas Anda dapat dipastikan kocar kacir. Itulah sebabnya guru sering menugaskan seorang murid untuk menulis di papan tulis supaya dia bisa mengawasi kelas.

  • Di jalan

  • Tentu saja Anda tidak boleh meleng bila di jalan, baik membawa kendaraan atau tidak. Kalau mata Anda tertuju ke ponsel melulu, Anda bisa menabrak orang atau ditabrak mobil. Menatap pengendara mobil lain bisa memberitahukan keberadaan Anda, tetapi hati-hati janganlah melotot karena bisa dianggap Anda mengajak ribut.

  • Di rumah

  • Menurut adat istiadat bangsa kita, menatap mata orang tua sama dengan melawan, apalagi kalau orang tua sedang marah-marah. Sebaiknya menunduk menerima salah dan menjawab dengan lemah lembut untuk menjelaskan duduk perkaranya. Tahukah Anda bahkan hewan peliharaan Anda tahu tentang hal ini. Coba saja perhatikan anjing Anda, bila dia nakal dan Anda marah, dia akan menghindari tatapan mata Anda dan dengan ekor di antara kedua kakinya perlahan-lahan dia akan pergi menjauh.

  • Advertisement
  • Di kasino

  • Dalam permainan poker kita harus menjaga agar lawan kita tidak bisa membaca dari tatapan mata atau raut wajah kita, supaya lawan tidak tahu bagaimana kedudukan kita.

  • Dalam percintaan

  • Nah, kembali ke cerita di atas, sesudah duduk di bangku SMA, baru saya mengerti apa yang dibilang main mata. Rupanya tidak perlu ada kedipan, sebaliknya tatapan penuh arti kepada seseorang tertentu yang menyatakan perasaan hati "aku suka kamu," itulah yang disebut main mata. Ini sering menjadi awal dari kisah kasih seperti syair sebuah lagu "Dari mata turun ke hati," atau sebaliknya? Dari hati dipancarkan ke mata, mungkin itu lebih tepat.

  • Apa pun keadaannya, mata adalah jendela hati. Dari tatapan penuh kasih sayang seorang ibu kepada anaknya yang masih bayi mungil sampai ke tatapan bengis seorang perampok yang menuntut agar mangsanya menyerahkan harta bendanya, semua itu menunjukkan isi hati seseorang.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Tatapan Mata

Dalam kehidupan sehari-hari menatap mata orang yang kita ajak berbicara adalah penting. Hal itu menunjukkan bahwa kita memusatkan perhatian kepada lawan bicara kita dan bahwa kita tidak mempunyai sesuatu yang perlu disembunyikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr