5 Cara Menemukan Dasar Keuangan Bersama

Uang paling sering menjadi pangkal perselisihan antara suami istri. Semua pasutri perlu mencari dasar persamaan, dan belajar berkompromi serta bekerja sama di bidang keuangan.

7,364 views   |   shares
  • Uang paling sering menjadi pangkal perselisihan antara suami istri. Karena masing-masing pihak membawa persepsinya sendiri mengenai pengeluaran, tabungan, dan keuangan pada umumnya, sulit untuk menghindari perselisihan dalam hal ini. Semua pasutri perlu mencari dasar persamaan, dan belajar berkompromi serta bekerja sama di bidang keuangan. Tanpa kompromi ini perselisihan tentang masalah keuangan dapat mengikis cinta dan kepercayaan dalam pernikahan. Petunjuk-petunjuk berikut ini dapat membantu Anda bekerja sama sebagai pasangan untuk memecahkan masalah keuangan dan mengembalikan Anda ke jalan menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik.

  • 1. Buat perubahan yang perlu

  • Bila Anda masih mengelola uang dengan cara yang sama seperti dulu, hasilnya akan sama pula. Jika selama ini uang gaji Anda habis sama sekali, cara satu-satunya mengubah keadaan ini ialah mulai memakai uang kurang dari penghasilan Anda dan tabung sisanya. Jika Anda tenggelam dalam hutang, pemecahannya bukan dengan terus meminjam uang, melainkan berhentilah memakai kartu kredit dan jangan membeli barang-barang yang tidak Anda betul-betul butuhkan. Jika Anda bersedia menjalani perubahan yang sulit di bidang keuangan ini, Anda akan memperoleh hasil yang anda inginkan.

  • 2. Teliti kepentingan Anda

  • Apa saja yang paling penting bagi Anda? Apakah Anda memakai sumber Anda untuk gol yang berharga bagi hidup Anda? Atau apakah Anda menyia-nyiakannya untuk hal-hal yang kurang penting? Uang yang Anda pakai untuk sesuatu yang berharga biasanya mendatangkan kepuasan dan prestasi. Sebaliknya uang yang Anda pakai untuk hal-hal yang tidak penting membuat Anda merasa frustrasi dan gagal. Bila Anda tidak pasti apa yang penting bagi Anda, Anda akan cenderung memakainya untuk berbagai tujuan dengan harapan salah satunya akan mendatangkan manfaat. Bahaslah tujuan keuangan Anda dengan teman hidup Anda. Putuskan apa yang paling penting bagi keluarga dan pikirkan cara untuk mencapai gol-gol itu bersama. Bahaslah kelemahan masing-masing dalam memakai uang dan sepakati untuk saling mendukung dan mengingatkan gol jangka panjang Anda berdua bila salah satu tergoda untuk menghamburkan uang.

  • 3. Kurangi pengeluaran

  • Kebebasan dalam keuangan lebih sering berasal dari mengurangi pengeluaran dan bukan dari bertambahnya penghasilan. Mengurangi pengeluaran, memilih alternatif yang lebih hemat, serta memanfaatkan bakat dan kecerdikan Anda sendiri biasanya menghasilkan sisa uang lebih banyak daripada pekerjaan tambahan. Bertukar pikiranlah dengan pasangan Anda tentang bagaimana cara mengurangi pengeluaran. Bila Anda berdua bersedia mengurangi kesenangan dan kenyamanan Anda pasti akan lebih berhasil dalam berhemat.

  • Advertisement
  • 4. Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki

  • Carilah cara-cara menikmati hidup tanpa mengeluarkan uang. Carilah kegiatan gratis yang dapat dilakukan Anda berdua atau sekeluarga. Pergi ke taman atau bermain monopoli lebih murah daripada menonton bioskop, dan tidak akan mengganggu anggaran Anda. Mulailah menghargai apa yang Anda miliki dan bukan menguatirkan apa yang tidak Anda miliki. Tidak saja ini akan menghemat pengeluaran Anda, namun juga membuat Anda lebih bahagia.

  • 5. Pahami pandangan pasangan Anda tentang uang

  • Setiap orang membawa sejarah dan hubungan keuangan masing-masing ke dalam pernikahannya. Keluarga pasangan Anda menggunakan uang dengan cara mereka sendiri dan itulah yang biasa digunakan pasangan Anda. Cara apa pun tidak bisa dibilang benar atau salah, hanya berbeda dari yang Anda kenal. Temukan sistem yang dapat dipakai dan disetujui Anda berdua. Jika pasangan Anda tidak suka membayar tagihan-tagihan, Anda dapat mengerjakannya dengan sukarela asalkan dia mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai sebagai gantinya. Kalau Anda berdua tidak suka urusan keuangan, lakukan secara bergantian tiap bulan. Ada banyak cara berbeda bagi Anda berdua untuk mengurus soal keuangan dalam rumah tangga. Yang penting Anda menemukan cara yang dapat disetujui berdua dan memungkinkan Anda mencapai gol-gol keuangan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "5 ways to find common financial ground" karya Lynn Scoresby.

Bantu kami menyebarkan

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Cara Menemukan Dasar Keuangan Bersama

Uang paling sering menjadi pangkal perselisihan antara suami istri. Semua pasutri perlu mencari dasar persamaan, dan belajar berkompromi serta bekerja sama di bidang keuangan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr