Pilih Diet yang Mana?

Orang sekarang lebih mawas tentang kebugaran tubuh, kita sadar bahwa kegemukan mendatangkan banyak penyakit, karena itu banyak cara diet dianjurkan untuk mengurangi berat badan.

976 views   |   shares
  • Orang sekarang lebih mawas tentang kebugaran tubuh, kita sadar bahwa kegemukan mendatangkan banyak penyakit, karena itu banyak cara diet dianjurkan untuk mengurangi berat badan. Namun karena banyak pilihan kita bingung menentukan cara diet mana yang cocok buat tubuh kita. Sesungguhnya semua orang memiliki metabolisme yang berbeda, usia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi, karena itu hanya Anda sendirilah yang dapat menentukan diet mana yang cocok untuk Anda. Di bawah ini ada beberapa diet yang dapat Anda ikuti.

  • Diet Atkins

  • 40 tahun lalu Dr. Atkins menjadi terkenal karena menemukan diet rendah karbohidrat. Secara umum diet ini menganjurkan untuk tidak makan makanan seperti roti, biji-bijian (antara lain nasi), kacang-kacangan, pasta, kentang, buah dan sayur yang mengandung sagu seperti pisang, singkong, ubi, serta jagung. Minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga tidak dianjurkan. Menurut diet Atkins dengan secara drastis mengurangi karbohidrat tubuh terpaksa akan membakar lemak simpanan untuk dijadikan enerji. Diet ini dapat menolong orang yang sakit diabetes serta mengurangi kolesterol dan asam urat. Namun diet ini tidak cocok untuk orang yang sakit ginjal.

  • Diet sinar matahari

  • Nah, yang ini mungkin baru pernah Anda dengar. Menurut penelitian Universitas Feinberg orang yang banyak terkena sinar matahari pagi dan makan dengan menu sehat akan memiliki BMI yang lebih baik. Sinar matahari pagi mendorong tubuh memproduksi hormon serotonin dan vitamin D. Hormon serotonin yang dihasilkan otak membuat orang lebih bahagia dan vitamin D seperti kita ketahui menguatkan tulang. Lalu apa hubungannya dengan berat badan? Konon orang yang biasa bangun pagi mempunyai jadwal tidur yang lebih teratur. Dengan tidur teratur, kata Michael Breus PhD, pengajar di Atlanta School of Sleep Medicine, tubuh menghasilkan hormon leptin dan ghrelin yang menjaga keseimbangan sistem yang mengatur rasa lapar dan kenyang.

  • Diet porsi

  • Yang ini sederhana saja, Anda mengatur porsi makan sepantasnya, dilarang menambah dengan porsi kedua. Jangan membiasakan diri makan terlalu kenyang. Jika Anda makan makanan kecil, seperti pisang goreng atau kroket, cukup satu saja, paling banyak hanya dua potong. Tentu saja makanan hendaknya juga mengikuti menu empat sehat lima sempurna. Walaupun buah termasuk makanan sehat, namun tetap harus dijaga porsinya. Bila Anda makan satu sisir pisang atau satu buah durian (bukan satu biji), itu bukan diet.

  • Diet air

  • Advertisement
  • Anda boleh minum air sebanyak-banyaknya, bahkan sebelum makan biasakan minum air segelas lebih dulu sehingga mengurangi rasa lapar Anda. Jangan minum soda atau jus buah dari botol yang mengandung terlalu banyak gula. Air putih bermanfaat bagi badan Anda, mengurangi haus, mendinginkan tubuh, mencuci ginjal dan tentu saja mencegah dehidrasi.

  • Diet sayur

  • Ada seorang teman saya yang menjalankan diet sayur ini, dalam tiga bulan dia kehilangan 10 kg. Caranya dalam seminggu dia makan sayur/salad selama 6 hari, di hari ke tujuh dia boleh makan apa saja asalkan porsinya tidak berlebihan. Sesudah mencapai berat badan yang diinginkan dia boleh makan makanan yang lain asalkan tidak banyak mengandung lemak dan dalam porsi sederhana.

  • Anda boleh memilih salah satu diet ini dan jangan lupa melakukan gerak badan sehingga tercapailah tubuh idaman yang bugar. Jangan lupa bahwa untuk kesehatan, tubuh yang terlalu kurus sama buruknya dengan tubuh yang terlalu gemuk.

  • Sumber: webmd.com

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pilih Diet yang Mana?

Orang sekarang lebih mawas tentang kebugaran tubuh, kita sadar bahwa kegemukan mendatangkan banyak penyakit, karena itu banyak cara diet dianjurkan untuk mengurangi berat badan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr