Ketika Anak Tidak Bisa Lepas dari Televisi

Tidak ada yang salah dengan menonton TV, bahkan itu justru bisa menjadi sarana untuk mendapat hiburan serta informasi yang bisa menambah wawasan. Tetapi akan salah kalau TV menyebabkan kecanduan.

2,095 views   |   3 shares
  • Di zaman sekarang hampir setiap keluarga di masyarakat kita rata-rata memiliki televisi. Barang yang di zaman ketika saya masih anak –anak termasuk barang mewah tersebut, kini hampir semua keluarga memiliki TV di rumah mereka. Dan tidak bisa dipungkiri TV memberi pengaruh besar dalam kehidupan anak-anak kita. Apalagi sekarang saluran TV semakin beragam baik yang berbayar maupun yang tidak. Dan kalau kita tidak bijaksana melihat masalah ini, maka pengaruh yang diberikan oleh TV akan lebih kuat mengakar dalam diri anak kita daripada nilai dan pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka.

  • Tidak ada yang salah dengan menonton TV, bahkan itu justru bisa menjadi sarana untuk mendapat hiburan serta informasi yang bisa menambah wawasan. Tetapi akan salah kalau TV menjadi penyebab anak tidak mau beranjak untuk melakukan hal lain. Salah jika TV memberi pengaruh yang kurang baik bagi anak-anak kita seperti bagaimana mereka menirukan apa yang mereka tonton di TV meskipun itu bukan hal yang baik. Apalagi jika sampai anak kita kecanduan menonton TV. Saya pernah menemukan kasus di mana seorang anak harus tidur di depan TV untuk bisa tidur, artinya dia harus menonton TV sampai dia mengantuk dan tertidur.

  • Sebenarnya hal – hal negatif itu bisa dihindari jika kita menempatkan TV sebagaimana fungsinya dengan bijaksana. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu menghindarkan anak-anak kita dari kecanduan menonton TV. Semoga bermanfaat.

    1. Televisi hanyalah sebuah sarana hiburan bukan alat pengasuhan. Hal pertama yang harus selalu diingat adalah fungsi TV itu sendiri. Jangan sampai kita menjadikan TV sebagai alat bantu pengasuhan. Terkadang orang tua tanpa sadar terjebak pada kebiasaan yang bisa menjurus ke kecanduan. Semisal menyuapi anak sambil menonton TV agar si anak mau makan, atau menidurkan anak sambil menonton TV dengan alasan agar si anak lebih mudah tertidur. Sesungguhnya tanpa disadari ketika melakukan hal itu kita sedang menyemai bibit – bibit kebiasaan dalam diri anak kita. Dia akan tumbuh dengan kebiasaan makan sambil menonton TV atau tidur di depan TV.

    2. Aturlah jadwal menonton TV untuk anak-anak kita. Membatasi menonton TV adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah anak-anak kita kecanduan menonton TV. Buatlah peraturan bahwa dalam sehari si anak hanya boleh menonton beberapa jam saja. Dan itu pun harus acara yang sudah Anda seleksi dan menurut Anda mempunyai unsur mendidik dan hiburan yang sehat untuk anak-anak kita.

    3. Perbanyak kegiatan di luar rumah. Ajaklah anak-anak Anda melakukan kegiatan di luar rumah. Tidak perlu selalu mengunjungi tempat - tempat yang jauh atau membutuhkan biaya. Cukup ajak mereka jalan- jalan sore di seputaran komplek rumah kita, atau sesekali bawalah bola, ajaklah anak kita bermain bola di lapangan dekat rumah. Atau kalau si kecil sudah mulai bisa bersepeda, ajaklah bersepeda keliling komplek. Selain akan membuatnya bergerak, kegiatan di luar rumah akan menjauhkan si anak dari televisi.

    4. Bantulah anak kita mengenali hobi mereka. Semisal ketika anak kita mulai menunjukkan ketertarikan pada menggambar, maka kita harus mendukungnya. Alih-alih membiarkannya menonton tv, mungkin kita bisa duduk bersama dia dan menggambar.

    5. Sediakan mainan atau kegiatan lain yang bisa membuat si anak sibuk. Jika kegiatan di luar rumah tidak bisa selalu dillakukan setiap hari, maka kita bisa mencari mainan atau kegiatan yang bisa membuat anak anak kita sibuk dan lupa akan keinginannya menonton TV. Sebagai contoh kita bisa menyediakan permainan lego, atau monopoli, atau ular tangga dan lain sebagainya, dan jika anak kita tidak memiliki teman untuk bermain dengannya, luangkan waktu Anda untuk bermain bersamanya.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Ketika Anak Tidak Bisa Lepas dari Televisi

Tidak ada yang salah dengan menonton TV, bahkan itu justru bisa menjadi sarana untuk mendapat hiburan serta informasi yang bisa menambah wawasan. Tetapi akan salah kalau TV menyebabkan kecanduan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr