Sulitnya Berkomunikasi

Komunikasi adalah sesuatu yang rumit, kalau tidak hati-hati dapat menyinggung perasaan orang lain.

1,418 views   |   shares
  • "Bu, jangan suka ke rumah tetangga dan bergosip, nanti malah punya musuh," nasihat seorang suami yang melihat istrinya setiap sore rajin mengobrol dengan para ibu rumah tangga di gang perumahannya. Namun istrinya tetap saja bandel tidak mau mendengar nasihat itu dengan alasan nanti dikira sombong kalau menarik diri dari percaturan politik setempat. Sampai suatu hari dia ribut mulut dengan salah satu tetangga karena dia dituduh menyebarkan isu yang tidak benar, padahal dia hanya meneruskan apa yang dia dengar dari tetangga lainnya. Komunikasi adalah sesuatu yang rumit, kalau tidak hati-hati dapat menyinggung perasaan orang lain.

  • Gosip

  • Ada sebuah permainan di mana orang-orang duduk dalam lingkaran, salah seorang pemain membisikkan sesuatu kepada pemain di sebelahnya, demikian seterusnya sampai bisikan itu kembali kepada pemain pertama. Di sinilah biasanya terjadi kelucuan karena apa yang dibisikkan pemain pertama tidak sama dengan apa yang didengarnya kembali. Kadang-kadang maknanya berubah 180 derajat. Hal ini mengajarkan bahayanya menyebarkan gosip, karena apa yang didengar tidak sepenuhnya sama dengan apa yang mula-mula diceritakan. Kadang-kadang ada yang suka menambahkan bumbu dan kadang ada pula yang mengurangi fakta karena lupa. Berita yang disampaikan Bu A bunyinya, "Pak Roban membeli mobil baru karena istrinya ingin belajar menyetir." Waktu sampai ke Bu Z bunyinya, "Pak Roban membeli mobil mercy untuk istri barunya." Tentu saja Bu Roban mencak-mencak waktu berita selentingan itu sampai ke kupingnya. Tanpa menyewa detektif partikelir dia langsung saja mendamprat Bu A yang dia anggap sebagai sumber gosip. Tentu saja Bu A bengong menerima dampratan itu karena dia menganggap apa yang diucapkannya benar.

  • Fitnah

  • Ini jenis komunikasi yang berbahaya. Sekitar tahun enam puluhan ada perkataan populer "Fitnah lebih kejam dari pembunuhan." Menurut saya seharusnya bunyinya "Fitnah sama kejamnya dengan pembunuhan," karena pada saat itu orang yang difitnah bisa hilang tak tentu rimbanya. Saya sendiri pernah menjadi korban fitnah (walau tidak berakhir fatal). Sebagai orang yang tidak suka menyebarkan gosip, saya pantang menyampaikan berita yang saya dengar kepada orang lain. Namun entah dengan tujuan apa seorang teman (tanpa saya sadari) memancing tanggapan saya terhadap suatu masalah. Tanpa curiga akan maksudnya saya menjawab seperti apa adanya. Ternyata perkataan saya itu "dijual" oleh si pemancing kepada orang yang bersangkutan dengan bumbu-bumbu yang pedas dan seru. Waktu orang itu dengan marah bertanya kepada saya mengapa saya berkata seperti itu, tentu saja saya bingung karena apa yang dia dengar jauh berbeda dengan tanggapan saya yang hambar.

  • Advertisement
  • Komunikasi pasutri

  • Wanita sering dianggap makhluk yang rumit dalam pandangan pria. Karena wanita lebih memakai perasaan daripada pikirannya. Bila seorang suami merasa kesal karena istrinya dianggap menelantarkan urusan rumah tangga, dia akan mengomel secara terus terang. Tetapi bila seorang istri menganggap suaminya kurang perhatian, dia akan memendam kekesalannya di hati sampai suatu hari meledak tanpa sebab sehingga suaminya cuma bisa garuk-garuk kepala tidak tahu di mana letak kesalahannya. Sebaiknya antara suami-istri ada komunikasi yang dekat, karena itulah mereka memerlukan pergi berdua, jauh dari kebisingan anak-anak dan memfokuskan perhatian kepada pasangannya.

  • Bahasa isyarat bayi

  • Karena anak-anak di bawah dua tahun masih kurang pandai mengutarakan perasaannya dengan kata-kata, banyak orang mengajar anaknya bahasa isyarat. Ini terjadi juga pada cucu saya yang pertama. Akibatnya dia malah terlambat belajar bicara karena terbiasa memakai isyarat. Sebaliknya adiknya yang tidak pernah belajar bahasa isyarat memiliki kosa kata yang kaya sejak usia dini.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sulitnya Berkomunikasi

Komunikasi adalah sesuatu yang rumit, kalau tidak hati-hati dapat menyinggung perasaan orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr