Bagi Waris

Kita tidak pernah tahu umur manusia, kapan akan berakhir, semuanya itu ada di tangan Allah. Adalah bijaksana bila Anda sebagai orang tua menulis surat wasiat atau warisan jauh-jauh hari sebelumnya.

1,226 views   |   shares
  • Kita tidak pernah tahu umur manusia, kapan akan berakhir, semuanya itu ada di tangan Allah. Adalah bijaksana bila Anda sebagai orangtua menulis surat wasiat atau warisan jauh-jauh hari sebelumnya. Walaupun anak-anak Anda tampak rukun dan mempunyai hubungan harmonis sekarang, mereka mempunyai kebutuhan masing-masing yang suatu hari mungkin mendesak mereka untuk bertindak kurang adil terhadap saudaranya. Apalagi bila pasangan hidup mereka mempunyai pengaruh besar dalam diri mereka, pengaruh ini akan membuat mereka melupakan keasrian persaudaraan. Ada beberapa saran yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat surat warisan.

  • Mintalah nasihat hukum

  • Ini perlu bila menyangkut harta yang cukup besar, terutama bila Anda pernah menikah dua kali serta mempunyai anak dari kedua istri. Seorang ahli hukum dapat membukakan mata Anda tentang hukum Syariah, harta gono-gini dan hukum negara. Apakah istri Anda yang pertama dulu dinikah secara resmi di mata hukum atau hanya secara adat. Ini akan membuat perbedaan besar dalam pembagian harta bila Anda meninggal tanpa surat warisan. Contohnya: ayah saya mempunyai 4 orang anak, dua dari almarhum istri pertama, dua dari ibu saya. Dia menikah dengan ibu saya menurut tatacara adat. Di surat kelahiran saya dan adik disebut anak-anak yang diakui ayah saya. Ketika beliau meninggal tanpa surat warisan, kakak saya menjual rumah beliau. Apakah harta ini dibagi empat secara adil? Tidak, karena status saya dan adik saya "anak yang diakui," Menurut Balai Harta Peninggalan, badan hukum yang menentukan hak waris anak-anak, saya dan adik hanya berhak memperoleh satu pertiga dari satu perempat alias satu per duabelas dari jumlah harta warisan.

  • Diskusikan dengan pasangan Anda

  • Bila Anda beruntung masih memiliki pasangan hidup, Anda dapat berurun rembuk tentang hal ini. Anda berdua akan dapat saling mengingatkan faktor-faktor penting mengenai pembagian harta secara adil. Mungkin anak yang satu lebih beruntung dalam hidupnya, dia lebih makmur dibanding saudaranya. Tidak ada salahnya bila Anda ingin membantu anak yang kurang beruntung, tetapi Anda juga harus memperhatikan gaya hidupnya. Apakah dia selama ini kurang bertanggung jawab sehingga hidupnya menderita? Anda harus mencari cara agar warisan itu dapat mendatangkan manfaat baginya, bukan dipakai berfoya-foya dan habis dalam sekejap.

  • Legalisasi surat warisan itu

  • Surat warisan yang Anda buat, biarpun Anda tandatangani, tidak mempunyai kekuatan hukum. Anda harus membawanya ke notaris agar disahkan. Simpanlah surat itu di tempat yang aman, seperti di bank yang menyewakan kotak deposito atau dititipkan ke ahli hukum Anda bila dia menyediakan pelayanan semacam itu.

  • Advertisement
  • Mengubah surat warisan

  • Bila karena sesuatu alasan Anda perlu mengubah surat warisan Anda, lakukanlah itu di depan notaris juga. Jangan lupa menyobek yang pertama supaya tidak mengakibatkan kericuhan. Selama Anda masih hidup Anda dapat mengubah surat warisan Anda beberapa kali, sesering mungkin Anda mau tergantung pada pertimbangan-pertimbangan yang Anda miliki.

  • Seringkali ikatan persaudaraan putus sesudah orang tua meninggal karena anak-anak berebut harta. Ini sungguh menyedihkan dan Anda dapat menghindari terjadinya tragedi ini dengan membuat surat warisan. Mungkin akan tetap ada perasaan iri atau tersinggung atas keputusan yang tertera di surat warisan, tetapi setidak-tidaknya anak-anak Anda tidak akan bertengkar di pengadilan dengan sengit. Anda tidak perlu menunggu sampai usia lanjut untuk menulis surat warisan, justru selagi Anda dapat berpikir dengan jelas sebaiknya Anda menyatakan apa yang Anda kehendaki. Dan seperti saya katakan di atas manusia tidak pernah tahu kapan dia akan kembali kepada Penciptanya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagi Waris

Kita tidak pernah tahu umur manusia, kapan akan berakhir, semuanya itu ada di tangan Allah. Adalah bijaksana bila Anda sebagai orang tua menulis surat wasiat atau warisan jauh-jauh hari sebelumnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr