Mengajar Anak Tidak Ngompol

Anak-anak balita perlu diajar untuk memakai pispot atau ke kamar mandi, karena bila dia mulai sekolah, Anda tidak ingin dia menjadi bahan tertawaan teman-temannya karena masih memakai popok atau karena ngompol di kelas.

2,567 views   |   shares
  • Anak-anak balita perlu diajar untuk memakai pispot atau ke kamar mandi, karena bila dia mulai sekolah, Anda tidak ingin dia menjadi bahan tertawaan teman-temannya karena masih memakai popok atau karena ngompol di kelas. Saya ingat waktu kemenakan perempuan saya masih berumur satu setengah tahun dia tertidur di atas pispot. Rupanya dia bangun tengah malam untuk kencing, karena dia telah dilatih untuk kencing di pispot, dia turun sendiri dari ranjang, duduk di atas pispot di pojok kamar. Tetapi karena mungkin masih ngantuk sekali dia bersandar di tembok dan tertidur. Waktu ibunya bangun mencari-cari dia, anak itu masih mendengkur lelap di atas pispot. Hal ini menunjukkan betapa ajaran ibunya tertanam dalam-dalam di benaknya, dia tahu dia tidak boleh ngompol. Beberapa saran di bawah ini dapat dipakai untuk melatih balita Anda supaya tidak ngompol.

  • Kurangi minum

  • Menjelang malam jangan memberi anak minum banyak-banyak, sebaiknya perhatikan minumnya di siang hari agar cukup memadai, sekitar 6 sampai 8 gelas sehari. Dengan demikian dia tidak akan merengek minta minum terus di malam hari.

  • Ajak ke WC

  • Sebelum tidur biasakanlah balita Anda supaya buang air sebelum tidur malam. Kadang-kadang anak balita lupa atau malas melakukannya, sebaiknya Anda selalu mengingatkannya. Ini bisa dilakukan sebelum Anda menceritakan dongeng sebelum tidur, supaya Anda tidak perlu terpaksa membangunkannya bila dia jatuh tertidur ketika mendengarkan dongeng.

  • Gunakan pispot

  • Seperti cerita di atas, pispot dapat menjadi alat yang tepat untuk mengajarkan anak balita kencing atau bahkan buang air besar di malam hari. Taruhlah pispot di dekat tempat tidurnya supaya dia bisa memakainya dengan mudah. Dengan begitu dia tidak perlu membangunkan Anda atau pergi ke kamar mandi sendiri. Ajarlah dia memakai kertas toilet atau pembersih lainnya. Pispot yang berbentuk lucu, bahkan ada yang dilengkapi dengan lagu, akan mendorong anak-anak untuk memakainya.

  • Berilah penghargaan

  • Bila anak Anda tidak ngompol malam itu, Anda dapat memberinya penghargaan. Tidak perlu penghargaan yang mahal, cukup dengan stiker bintang di kalender, beritahu bahwa dia mendapat bintang karena tidak ngompol. Anda bisa meminta dia memasang bintang itu di kalender. Dengan demikian dia merasa bangga dan dapat melihat berapa banyak bintang yang dia dapat.

  • Umur yang tepat

  • Tidak ada umur yang tepat untuk mulai mengajar Anak tidak ngompol. Semuanya tergantung kepada keadaan dan kemampuan anak. Kalau anak sudah mulai bisa berjalan dengan baik atau bisa mengutarakan keinginannya dengan perkataan atau isyarat, Anda boleh mulai mengajarnya kencing di pispot waktu malam atau kamar mandi di siang hari. Sementara dia belajar Anda dapat menaruh perlak di bawah sepreinya untuk berjaga-jaga seandainya dia ngompol kasurnya tidak akan bau pesing.

  • Advertisement
  • Kesabaran

  • Tentu saja semua ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan di pihak Anda. Tidak ada yang menyalahkan kalau anak Anda masih memakai popok bayi sampai dia berusia 5 tahun, tetapi Anda pasti tidak ingin dia menjadi bahan olokan bila dia masuk TK masih memakai popok. Kadang-kadang bahkan anak yang bukan balita masih sesekali ngompol. Jangan marah-marah tetapi perhatikanlah apa yang menyebabkan dia ngompol padahal selama ini sudah lama tidak lagi ngompol. Seringkali ada alasan psikologi yang menyebabkan hal itu. Waktu anak saya ngompol di kelas dua ternyata dia membawa mainan super hero ke sekolah. Ketika dia bermain-main di kelas, mainannya itu disita gurunya dan dia tidak berani menuturkan hal itu di rumah.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengajar Anak Tidak Ngompol

Anak-anak balita perlu diajar untuk memakai pispot atau ke kamar mandi, karena bila dia mulai sekolah, Anda tidak ingin dia menjadi bahan tertawaan teman-temannya karena masih memakai popok atau karena ngompol di kelas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr