Pola Asuh yang Benar Dapat Menghindarkan Anak Anda Tumbuh Menjadi Seorang Psikopat

Seorang anak bisa karena melihat, seorang anak mampu karena meniru, dan seorang anak terbiasa karena belajar.

3,297 views   |   1 shares
  • Beberapa hari terakhir ini saya menyaksikan sebuah tayangan berita di televisi yang mengulas sebuah kejadian yang sangat memilukan tentang seorang anak remaja 16 tahun dikabarkan menembaki teman-teman dan gurunya di salah satu SMA di Amerika. 18 orang dikabarkan tewas termasuk sipelaku yang kemudian melakukan bunuh diri. Kemudian dari dalam negeri seorang remaja di Jakarta baru-baru ini membunuh kekasihnya sendiri dan membuang jasadnya di jalanan tol, diketahui motif pembunuhan hanya karena rasa cemburu.

  • Pertanyaan di dalam benak saya hingga hari ini dan tentu juga bagi kebanyakan Anda para orang tua pasti sangat heran, mengapa para remaja tersebut bisa berubah menjadi begitu kejam, apa yang melatarbelakangi perbuatan mereka sehingga bertindak begitu tidak manusiawi dan tanpa rasa belas kasihan?

  • Saya tergerak berusaha mencari tahu permasalah tersebut. Beberapa buku yang membahas mengenai psikologi perkembangan emosional remaja saya baca, informasi-informasi dari internet saya kumpulkan sehingga terbentuk sebuah pola gagasan bahwa perbuatan kejam yang dilakukan oleh para remaja tersebut mengarah pada perbuatan psikopat.

  • Psikopat adalah suatu gejala kelainan yang sejak dulu dianggap berbahaya dan menganggu masyarakat. Dalam Diagnostic and Statistical of Mental Disorder (DSM) psikopat tidak tercantum dalam daftar penyakit, gangguan atau kelainan jiwa. Di lingkungan ahli kedokteran jiwa psikopat masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial. Selain psikopatik ada gangguan antisosial, asosial, dan amoral yang masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial.

  • Gangguan kepribadian yang dialami oleh para remaja tersebut tentu ada hal yang melatarbelakanginya, mustahil ada asap kalau tidak ada api. Para penderita psikopat sangat sulit untuk disembuhkan karena umumnya mereka telah jatuh ke dalam trauma yang sangat mendalam, pembentukan kepribadian psikopat tersebut telah berlangsung sejak dia masik kecil.

  • Para orang tua pola asuh Anda kepada buah hati Anda menentukan akan menjadi seperti apa dia kelak. Keadaan keluarga yang tidak harmonis ditambah lagi lingkungan masyarakat di mana Anda tinggal yang tidak mendukung akan ikut andil dalam pembentukan karakter buah hati Anda. Mereka yang berkepribadian psikopat memiliki latar belakang masa kecil yang tidak memberi peluang untuk perkembangan emosinya secara optimal.

  • Ketika buah hati Anda beranjak besar waspadai perilakunya jika dia tiba-tiba menjadi pemarah, suka berkelahi dan melawan, melanggar peraturan, merusak dan bengis terhadap hewan serta terhadap anak yang lebih kecil. Kepekaan Anda sebagai orang tua sangat diperlukan dalam memantau perkembangan emosinya sejak dini. Psikopat dapat dicegah sedini mungkin dengan memberikan pola asuh yang tepat sehingga bisa meminimalkan resiko seseorang kekurangan kasih sayang serta perhatian pada masa kecilnya.

  • Advertisement
  • Biasanya anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga (KDRT) akan selalu membekas dalam benak seorang anak. Jadi, jangan heran jika suatu hari nanti ketika buah hati Anda telah menikah dia juga akan melakukan kekerasan yang sama di dalam rumah tangganya.

  • Saya yakin tak ada seorang pun orang tua di dunia ini yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi sebuah mesin kejahatan. Seorang anak bisa karena melihat, seorang anak mampu karena meniru, dan seorang anak terbiasa karena belajar. Kesalahan orang tua dalam mendidik putra-putri mereka tidak hanya dapat merugikan dirinya sendiri tapi juga si anak dan masyarakat di sekitarnya. Sesungguhnya ketika seorang anak telah terlanjur melakukan kejahatan orang tua tidak bisa lepas tangan dari tanggung jawab, namun kenyataannya si anak sendirilah yang harus menanggung perbuatannya.

  • Didiklah buah hati Anda dengan tidak menggunakan cara kekerasan, mereka semua dilahirkan lugu dengan kepolosannya. Dalam membesarkannya kesabaran Anda sedang diuji, tingkat kedewasaan Anda sedang dinilai. Untuk disegani serta dipatuhi oleh anak Anda teladan Anda lebih ampuh mengena dan mudah mereka terima daripada jutaan kata kasar serta makian. Image orang tua bagi anak-anak seharusnya bukan menjadi sosok yang perlu ditakuti, melainkan menjadi sosok bersahabat yang penuh kasih bagi mereka, dengan begitu anak-anak dapat mengandalkan orang tua mereka masing-masing dan mengidolakannya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Pola Asuh yang Benar Dapat Menghindarkan Anak Anda Tumbuh Menjadi Seorang Psikopat

Seorang anak bisa karena melihat, seorang anak mampu karena meniru, dan seorang anak terbiasa karena belajar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr