Menjaga Kebersihan agar Terhindar dari Cacingan

Bila anak Anda menderita cacingan, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh justru akan diserap oleh cacing sehingga anak Anda dapat kekurangan gizi.

3,537 views   |   shares
  • Cacingan bisa diderita oleh siapa saja baik tua maupun muda. Cacingan adalah penyakit menular yang bukan disebabkan oleh bakteri atau virus. Masalah cacingan lebih disebabkan pada pola menjaga kebersihan yang buruk dan bila hal tersebut tetap dilakukan, cacingan tidak hanya bisa menjangkiti sipenderita tapi juga dapat menularkannya ke orang-orang terdekat di sekitarnya.

  • Seseorang yang menderita cacingan bisa tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa dia sedang cacingan. Bila penderita cacingan masih anak-anak, maka hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh serta kecerdasannya.

  • Sebagai orang tua yang peduli terhadap masa depan putra-putrinya, Anda perlu memahami dampak buruk cacingan pada mereka. Ibu saya pernah memberitahu saya, bahwa ketika saya balita saya pernah menderita cacingan. Ibu saya termasuk pribadi yang sangat peduli akan kebersihan, dia dilahirkan dari seorang ayah tentara dan ibunya seorang perawat. Pertanyaannya, mengapa saya tetap bisa menderita cacingan? Meskipun kita telah menjaga kebersihan di dalam rumah, namun orang-orang di sekitar kita belum tentu, kita berinteraksi dengan mereka setiap hari dan sering melakukan kontak fisik. Telur cacing yang sangat kecil bisa menempel di mana saja, bila telur menempel di tangan sewaktu kita bersalaman, maka telur cacing tersebut bisa langsung berpindah tangan dan menulari orang tersebut.

  • Sekarang, alih-alih menjadi paranoid terhadap cacingan lebih baik kita memahami bawah keberadaan telur-telur cacing bisa berada di mana saja, karena ukurannya yang kecil kita tidak bisa menghindar dari tertular. Anak-anak Anda dalam proses pertumbuhannya memerlukan nutrisi yang cukup dan seimbang agar pertumbuhannya maksimal. Bila anak Anda menderita cacingan, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh justru akan diserap oleh cacing sehingga anak Anda dapat kekurangan gizi. Agar hal tersebut tidak terjadi orang tua perlu menerapkan pola hidup bersih kepada diri sendiri dan keluarganya. Berikut beberapa cara yang bisa kita terapkan agar bisa selalu terhindar dari serangan cacingan.

  • Mencuci tangan sebelum makan

  • Setelah beraktivitas di luar rumah, memegang uang, dan lainnya, segeralah mencuci tangan Anda. Mencuci tangan hal yang mudah untuk dilakukan sebenarnya, namun bila tidak terbiasa mencuci tangan sebelum makan hal itu akan sangat merepotkan.

  • Mencuci sayuran dan buah-buahan dengan air mengalir

  • Cara ini tidak 100% efektif karena air yang mengalir dari PDAM atau dari air sumur yang disimpan di dalam tandon masih tetap bisa tercemar telur-telur cacing. Lalu mengapa tetap dianjurkan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi, cara ini bertujuan hanya untuk meminimalisir Anda dari tertular telur cacing serta terhindar dari zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam sayur atau buah-buahan tersebut.

  • Advertisement
  • Meminum obat cacing

  • Kadang orang tua keliru dengan memberikan obat cacing secara rutin kepada anak-anaknya dengan tujuan agar terhindar dari cacingan, padahal obat cacing akan bekerja dengan efektif bila orang tersebut benar-benar menderita cacingan. Oleh karena itu, bila Anda ragu apakah Anda menderita cacingan atau tidak Anda perlu memeriksakan feses Anda ke dokter. Dari pemeriksaan feses tersebut akan diketahui mengandung telur-telur cacing atau tidak dan bila terbukti cacingan pemberian obat cacing secara intensif perlu dilakukan.

  • Tidak membiasakan diri saling bertukar pakaian

  • Bahkan di dalam keluarga, biasakan agar tidak saling bertukar pakaian sesama anggota keluarga apalagi dengan orang lain. Bertukar pakaian dapat menjadi salah satu cara penyebaran telur cacing yang efektif, oleh karena itu agar Anda tidak tertular hentikan segera kebiasaan ini.

  • Mandi 2 kali sehari

  • Menjaga kebersihan tubuh harus dilakukan agar infeksi cacingan tidak mudah menyerang Anda. Kebiasaan mandi 2 kali sehari tidak hanya membuat Anda terhindar dari cacingan saja tapi juga dapat membuat tubuh Anda segar dan bersemangat menjalani rutinitas kegiatan Anda.

  • Mencuci pakaian dan sprei

  • Cucilah pakaian Anda secara rutin dengan menggunakan deterjen setelah dipakai beraktifitas. Hindari mencampur pakaian Anda dengan pakaian orang lain. Sprei tempat tidur Anda juga sebaiknya tidak digunakan oleh orang lain, dengan cara ini efektif mencegah Anda tertular cacingan.

  • Selalu menggunakan alas kaki

  • Ketika Anda bepergian sandal dan sepatu efektif menghindarkan seseorang tertular cacingan. Cucilah segera kaki Anda bila habis bersentuhan dengan tempat-tempat becek dan berlumpur.

  • Telur-telur cacing yang begitu kecil bisa berada di mana saja. Semua orang bisa tertular cacingan, namun dengan menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari kita dan segera memeriksakan diri ke dokter bila tanda-tanda infeksi cacingan terjadi dapat menghindarkan diri kita dari kekurangan gizi dan penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh parasit cacing.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Menjaga Kebersihan agar Terhindar dari Cacingan

Bila anak Anda menderita cacingan, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh justru akan diserap oleh cacing sehingga anak Anda dapat kekurangan gizi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr